PENGENALAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR

Authors

  • Suprayuandi Pratama UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG
  • Eka Rachma Kurniasi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Juwita Novia Dewi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Desvitasari Desvitasari

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12137

Keywords:

Augmented Reality, Bangun Ruang, Bangun Datar

Abstract

Teknologi Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya 2 dimensi dan 3 dimensi yang ditampilkan secara real time. Teknologi Augmented Realitty (AR) telah memasuki dunia pendidikan pada pembelajaran siswa di sekolah. Dengan teknologi AR diharapkan dapat memberi pengalaman proses belajar mengajar lebih menarik dan inovasi. Teknologi AR ini dikenalkan kepada siswa SDN 7 Kelapa Desa Kayu Arang Kabupaten Bangka Barat. Pembelajaran menggunakan teknologi AR yang terfokus pada pelajaran matematika dengan materi bangun ruang dan bangun datar. Aplikasi AR bangun ruang dan bangun datar ini dipraktekkan langsung oleh siswa yang didampingi oleh mahasiswa KKN Kedisinian Unmuhbabel. Para siswa diberikan gambar atau marker yang akan di pindai pada aplikasi AR bangun ruang dan bangun datar. Aplikasi AR akan menampilkan 2 dimensi dan 3 dimensi dari gambar yang ada pada siswa. Pelaksaan pengenalan teknologi AR ini membuat para siswa merasa senang dan mudah meyerap materi yang ada pada aplikasi. Dengan teknologi AR ini proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif.

References

Akbar, M. I, Purwandari, E. P, Susilo, B. (2020). Implementasi Augmented Reality Flora dan Fauna Kota Bengkulu Berbasis Marker Tracking Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 111-122

Awang Harsa K., Andi, YR., & Satria, B. (2016). Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android, 15(1), 19-24.

David, A. P.-R.-C.- C.-H.-G.-C.-M. (2015). Providing IoT Services in Smart Cities through Dynamic Augmented Reality Markers. Sensors, 15(7), 16083-16104.

Idrus, A. A. Y. (2016). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 140-155.

Lytridis, C. A. T. (2018). ARTutor— An Augmented Reality Platform for Interactive Distance Learning. Education Sciences, 8(1), 1-12.

Setyawan. B, Rufi’i, Fatirul. A. C. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD, 7(1), 78-90

Sirakaya, M. E. K. (2018). The Effect of Augmented Reality Use on Achievement, Misconception and Course Engagement. Contemporary Educational Technology, 9(3), 297-314.

Sural, I. (2018). Augmented Reality Experience: Initial Perceptions ofHigher Education Students. International Journal of Instruction, 11(4), 565-576.

Widani, Karlimah, E. Kosasih. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Teknologi Augmented Reality untuk Siswa Sekolah Dasar, 7(4), 219-233.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Pratama, S., Kurniasi, E. R. ., Dewi, J. N. ., & Desvitasari, D. (2023). PENGENALAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 217–221. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12137

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.