PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPA DARUN NADWAH DEMANGAN PONOROGO

Authors

  • Aqdi Rofiq Asnawi Universitas Darussalam Gontor
  • Niken Sylvia Puspitasari Universitas Darussalam Gontor
  • Abdillah Khayyi Muchyiddin Universitas Darussalam Gontor
  • Achmad Fauzan Kamil Universitas Darussalam Gontor
  • Aditya Rizki Pradana Universitas Darussalam Gontor
  • Adnin Darma Surya Universitas Darussalam Gontor
  • Ahmad Qolbie Zidan Johnderose Universitas Darussalam Gontor
  • Aisy Taufiqurrahman Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12098

Keywords:

Metode; Al-Qur'an, UMMI, Pelatihan.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode UMMI di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darun Nadwah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan mempermudah mitra dalam mempelajari Al- Qur’an dengan menggunakan metode UMMI. Permasalahan yang dialami oleh mitra ialah belum terwujud metode tertentu yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut tim pengabdi akan melaksanakan pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an di TPA Darun Nadwah. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi persiapan, pelaksanaan, serta        monitoring dan evaluasi. Dengan diadakannya pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI diharapkan dapat dijadikan sebagai metode yang tetap dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada seluruh pelajar di TPA Darun Nadwah. Selain itu mereka dapat meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari meningkatnya kualitas pelajar TPA Darun Nadwah dalam membaca Al-Qur’an.

References

Afidah, R., & Sholihah, N. I. (2020). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di RA Al-Khusyu’ Tugurejo Wates-Blitar. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363

Azhari, N. (2019). Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri di TPQ Al-Hikmah Bandar Lampung (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung, Lampung. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/7403/

Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 131–145. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.

Hernawan, D., & Muthoifin, M. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181–187. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi dan Metode Iqro di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama. Eduprof?: Islamic Education Journal, 2(2), 202–225. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27

Tarmizi, A. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(03), 440–466. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.330

Wahid, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693

Wahyuni, S. N., & Aisyah, N. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 141–148. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.876

Wijayanti, L. K. (2016). Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3753/

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Asnawi, A. R. ., Puspitasari, N. S. ., Muchyiddin, A. K. ., Kamil, A. F. ., Pradana, A. R. ., Surya, A. D. ., … Taufiqurrahman, A. . (2023). PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPA DARUN NADWAH DEMANGAN PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 207–212. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12098

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.