PELATIHAN FACE PAINTING DALAM MENGOPTIMALKAN PENTAS SENI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11910Keywords:
Pelatihan, Face painting, Guru TK, Pentas, Seni, Anak Usia DiniAbstract
Kajian awal yakni hasil kegiatan praktek yang telah dilaksanakan pada lembaga sekolah anak usia dini. Seorang pendidik anak usia dini haruslah memiliki daya kreativitas dan inovasi pendidikan untuk anak usia dini. Salah satu seni, kreativitas dan inovasi yang kami ambil saat ini adalah tema pentas seni di lembaga TK. Terutama kemampuan face painting guru TK yang masih kurang sehingga pada kegiatan pentas seni menjadi kurang optimal. Selain itu tidak semua guru TK memiliki kemampuan dalam merias atau melukis wajah (face painting) anak. Tidak semua guru TK memiliki alat dan bahan untuk face painting. Kebutuhan guru TK dalam kemampuan face painting dalam mengoptimalkan pentas seni melatar belakangi TIM PKM (pengabdian kepada masyarakat) untuk memberikan pelatihan face painting. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim PKM memberikan solusi dengan mengadakan workshop dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep face painting serta cara pengaplikasian face painting pada anak dalam kegiatan pentas seni. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan Face Painting untuk meningkatkan kemampuan guru, serta mengoptimalkan kegiatan pentas seni anak. Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kepercayaan diri guru. Hal ini menguatkan pada pembentukan karakter guru, di mana ketika guru menggambar pada wajah partisipan maka guru akan menggambarkan karakter dirinya pada hasil lukisannya. Sasaran kegiatan pelatihan face painting adalah guru TK gugus 5 dibawah naungan IGTKI Kecamatan Waru. Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, praktik langsung, dan proyek.References
N., . S., & . K. (2018). Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru-Guru Paud Di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang Dengan Pelatihan Komputer Dan Multimedia. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 1(1). https://doi.org/10.31328/js.v1i1.565
Amalia, A., & Haris, A. (2017). Penyuluhan Media Literasi: Peran Guru Taman Kanak-Kanak (Tk) Menghadapi Pengaruh Negatif Televisi Terhadap Anak. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.230
Amin, M. (2018). Urgensi Kompetensi Guru Sebagai Pelaksana Kurikulum Di Sekolah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(2). https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3324
Ayu, S. A., Putri, K., Studi, P., Pendidikan, M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Sistem Rekrutmen Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01).
Burhanudin, B. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 3(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i1.55
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2).
Darmawan, A. J. (2017). Visual Design Face Painting: Language Expressions Stylized for Wayang Punakawan. Humaniora, 8(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v8i1.3696
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Gustina, S. (2019). Pendekatan Orff-schulwerk: Meningkatkan Kemampuan Mengajar Calon Guru di Taman Kanak-Kanak. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 20(2). https://doi.org/10.24821/resital.v20i2.2591
Hadi, I., Hadiyan Wijaksana, A., Antari Wijayanti, D., & Widyati, R. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dan Pembuatan Alat Peraga Bagi Guru-Guru Sd Serta Pelatihan Osn Bagi Siswa Sd Di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Sarwahita, 16(01). https://doi.org/10.21009/sarwahita.161.10
Jufni, M., Saputra, S., & Azwir. (2020). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(4).
Kamalia, P. U., Kurniawan, R. Y., Dewi, R. M., Sholikhah, N., & Pamungkas, H. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Anyflip Untuk Penyusunan E-Book Bagi Guru Mgmp Ekonomi Kabupaten Bangkalan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5414
Khanifatul Azizah, & Fuadi, M. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6244
Kurniasih, Y., & Suseno, N. (2022). Keterampilan Bermain Alat Musik Angklung (Studi Kasus Penjaminan Mutu Pada Peserta Didik Di TK Al-Falah). POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.551
Lesmana, C., Hartono, H., Hartono, H., Permana, R., Permana, R., Matsun, M., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Al-Khidmah, 1(2). https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216
Liando, M. A. J., & Tamunu, O. J. (2019). Pendidikan Dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audiovisual Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Desa Malola Kecamatan Kumelembuai. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2). https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.881
Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood?: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52
M, Z., & Elwiddah, M. (2017). Kompetensi Profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa MTsN Tebo Ilir. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 17(2). https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i2.59
Mustika, A. J., & Sri Dwiyanti S.Pd., M. P. (2017). Penerapan Video Tutorial Rias Face Painting Untuk Keterampilan Merias Wajah Di Unit Kegiatan Mahasiswa Tari Universitas Negeri Surabaya. E-Journal, 06(01).
Niati, W. (2019). Peran Guru Paud Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Darma Wanita. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2284
Normina, N. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad, 14(26). https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.874
Nursokiyah, N., Jenderal, D., Tinggi, P., & Riset, K. (2017). Laporan Penelitian Artistik ( Penciptaan Seni ) Eksplorasi Teknik Face and Body Painting Untuk Menambah Artistik Pagelaran Institut Seni Indonesia ( Isi ) Surakarta Oktober 2017.
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10.
Pagarwati, L. D. A., Prasojo, L. D., Sugito, S., & Rohman, A. (2021). Profil Peran Orang Tua dan Guru dalam Penyiapan Masa Transisi Anak ke Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p014
Paramita, D. I., & Hayatunnufus, H. (2020). Perbandingan Hasil Face Painting Menggunakan Teknik Manual Dan Teknik Airbrush Pada Makeup Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 11(02). https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02/648
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Putri, A., & Ismurdiyahwati, I. (2018). Studi Analisis Makna Face Painting Sebagai Karakteristik Riasan Penari Remo Surabaya Anike Putri , Ika Ismurdiyahwati Penelitian ini mengambil judul Studi Karakteristik Riasan Penari Remo Surabaya . masyarakat Surabaya belum terlalu mengenal tentang bagai. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1–7.
Rahadian, D. (2018). Peran Dan Kedudukan Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Petik, 1(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.56
Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218
Rahayu, S., Zaman, B., & Aryaprasetya, I. G. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kinestetik Anak Melalui Pembelajaran Tari Kreasi Binatang Laut. Edukid, 14(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17096
Rahmawati, A. (2017). Manajemen Seni Pertunjukan Di Paud Inklusi Kb-Tk Talenta Semarang.
Riady, Y. (2021). Gerakan Literasi Digital: Pelatihan Akses Internet Dan Komputer Bagi Guru Di Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.124
Roesminingsih, & Susarno, L. H. (2019). Teori dan Praktek Pendidikan (Sugiono (ed.); 10th ed.). Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Sari, T. W., & Hermanto, F. (2021). Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan Di Smp N 2 Cepiring Kendal. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/10.15294/sosiolium.v3i1.45546
Satianingsih, R. (2019). Kompetensi Guru Sd Dalam Tranformasi Pendidikan Era Industri 4.0. … Seminar Nasional Pendidikan Guru ….
siti darmiatun, N. (2019). Peningkatan kopentensi pedagogig dan profesional guru tk melalui program diklat pengembangan keprofesian berkelanjutan (pkb) di kabupaten dharmasraya. Pendidikan Tambusai, 3.
Sitorus, M. A. (2017). Integrasi Pendidikan Kependudukan Kedalam Kurikulum dalam Rangka Pencapaian Target Sustainable Development Goals (Sdgs) Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun, 1(1).
Sonia, T. N. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.
Srihayati, D., Dacholfany, M. I., & Sudirman, S. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesional Guru Taman Kanak-Kanak Di TK Pkk 1 Yosomulyo Metro. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24127/poace.v1i2.1156
Suendarti, M., & Lestari, W. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(2). https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.612
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3). https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Sumiyati, S. (2020). Pelatihan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Mutu Layanan PAUD Di Desa Ngagel. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Supriatna, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Bagi Peningkatan Apresiasi Dan Ekspresi Seni Pentas Di Sma Kabupaten Subang. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i1.67
Suryani, S., Arwansyah, A., & Hasyrif, H. (2021). Pengembangan Soft Skill Guru SD melalui Pelatihan Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis di Polewali Mandar. Jurnal SOLMA, 10(1). https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5272
Suyanti, S. (2019). Peran Guru Sejarah Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0. FOUNDASIA, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924
Syamsiar, S. . (2018). Eksplorasi Teknik Face Dan Body Painting Untuk Menambah Artistik Pagelaran Batik Fashion Art Wear. Brikolase?: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(1). https://doi.org/10.33153/bri.v10i1.2176
Ummah, U. K., & Munir, A. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Tegalsari Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.6
Untari, D., & Muliadi, W. (2019). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di TKQ Al Ukhuwwah Bandung. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN EKONOMI, 9(1). https://doi.org/10.24036/011043530
Vionnita, W. D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1).
Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801
Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. MIMBAR PENDIDIKAN, 5(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Widayati, Nurul Khotimah, Nurhenti Dorlina, Sri Setyowati, Octaverina Kecvara Pritasari, Novia Restu Windayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.