PEMBELAJARAN BERBASIS ICT: PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI STRATEGI EFEKTIF PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU

Authors

  • Elfi Rahmadhani Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon
  • Septia Wahyuni Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1044

Keywords:

Pembelajaran Berbasis ICT, Geogebra, Profesionalisme Guru

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran matematika berbasis ICT dengan mengenalkan dan menggunakan software Geogebra sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan profesionalitas guru. Kegiatan pengabdian ini bersifat pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan software Geogebra. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan diskusi tentang software Geogebra dan cara menggunakannya, kemudian dilanjutkan dengan latihan/praktek penggunaan software tersebut dan diakhiri dengan presentasi hasil karya para guru berupa media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi dengan para peserta diketahui bahwa para guru senang dengan adanya pelatihan penggunaan software Geogebra tersebut, karena membantu mereka dalam menyampaikan materi geometri yang pada umumnya merupakan materi yang sulit bagi siswa. Menurut mereka, penggunaan software ini dapat mengakomodir siswa yang tidak mempunyai kemampuan spatial thinking yang bagus, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh siswa.

Author Biographies

Elfi Rahmadhani, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon

Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon

Septia Wahyuni, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon

Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika IAIN Takengon

References

Bird, J. (2002). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Edward, J.A & Jones, K. (2006). Linking Geometry and Algebra with GeoGebra. Mathematics Teaching, Incorporating MicroMath 194. Hal. 28-30

Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Palembang

Iswadji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Juruasan Pendidikan matematika

Koswara, U., W., T. Y., & Rosita, N. T. (2017). Pelatihan Program Geogebra Bagi Guru Matematika SMP Di Kabupaten Sumedang. E-Dimas, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1376

Moeharti. (1986). Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka

Preiner, J. (2008). Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: the Case of GeoGebra. Disertasi. Mathematics Education, Faculty of Natural Science, University of Salzburg

Sari, C. K. (2016). Pelatihan Penggunaan Geogebra Pada Pembelajaran Bangun Datar. The 4th University Research Colloquium, (Agustus).

Sipos, E.R. (2011). Teaching Geometry. Disertasi. Bolyai Institute, University of Szeged. http://www.math.u-szeged.hu/phd/dreposit/phdtheses/ripco-sipos-elvira_a2.pdf.

Zimmermann, W & Cunningham, S. (1991). Editors’ Introduction: What is Mathematical Visualization?. Dalam Zimmermann, W dan Cunningham, S. Visualization in Teaching and Learning Mathematics. Hal. 1-8. Washington DC: Mathematical Association of America

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS ICT: PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI STRATEGI EFEKTIF PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 350–353. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1044