PEMBELAJARAN BERBASIS ICT: PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI STRATEGI EFEKTIF PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1044Keywords:
Pembelajaran Berbasis ICT, Geogebra, Profesionalisme GuruAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran matematika berbasis ICT dengan mengenalkan dan menggunakan software Geogebra sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan profesionalitas guru. Kegiatan pengabdian ini bersifat pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan software Geogebra. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan diskusi tentang software Geogebra dan cara menggunakannya, kemudian dilanjutkan dengan latihan/praktek penggunaan software tersebut dan diakhiri dengan presentasi hasil karya para guru berupa media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi dengan para peserta diketahui bahwa para guru senang dengan adanya pelatihan penggunaan software Geogebra tersebut, karena membantu mereka dalam menyampaikan materi geometri yang pada umumnya merupakan materi yang sulit bagi siswa. Menurut mereka, penggunaan software ini dapat mengakomodir siswa yang tidak mempunyai kemampuan spatial thinking yang bagus, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh siswa.References
Bird, J. (2002). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga
Edward, J.A & Jones, K. (2006). Linking Geometry and Algebra with GeoGebra. Mathematics Teaching, Incorporating MicroMath 194. Hal. 28-30
Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Palembang
Iswadji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Juruasan Pendidikan matematika
Koswara, U., W., T. Y., & Rosita, N. T. (2017). Pelatihan Program Geogebra Bagi Guru Matematika SMP Di Kabupaten Sumedang. E-Dimas, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1376
Moeharti. (1986). Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka
Preiner, J. (2008). Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: the Case of GeoGebra. Disertasi. Mathematics Education, Faculty of Natural Science, University of Salzburg
Sari, C. K. (2016). Pelatihan Penggunaan Geogebra Pada Pembelajaran Bangun Datar. The 4th University Research Colloquium, (Agustus).
Sipos, E.R. (2011). Teaching Geometry. Disertasi. Bolyai Institute, University of Szeged. http://www.math.u-szeged.hu/phd/dreposit/phdtheses/ripco-sipos-elvira_a2.pdf.
Zimmermann, W & Cunningham, S. (1991). Editors’ Introduction: What is Mathematical Visualization?. Dalam Zimmermann, W dan Cunningham, S. Visualization in Teaching and Learning Mathematics. Hal. 1-8. Washington DC: Mathematical Association of America