Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi IPA

Authors

  • Nadia Nadia Universitas PGRI Palembang, Plaembang, Sumatera Selatan
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2872

Keywords:

Media Audio Visual Animasi, Kreatif, IPA.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian SD Negeri 8 Parit Tiga  kelas VA dan VB yang berjumlah 2 kelas sebanyak 59 siswa. Jenis penelitian ini True eksperimental Desing dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media audio visual animasi terdapat penggaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 8 Parit Tiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumawati, H. (2017). Buku Guru Kelas 5 Tema 8 "Lingkungan Sahabat Kita. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Muti, E, Susistyowati, P., & Setiawan, D. A. (2019). Pengaruh Model Scramble Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 3 (1), 70-77.

Neolaka, Amos dan Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.

Rahmayanti L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Pedia Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD 06. (04), 429-439.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: ALFABETA, CV.

Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2021-11-17