Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD

Authors

  • Novriani Novriani Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2829

Keywords:

development, LKPD, mathematics, PBL

Abstract

Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kualitas LKPD Matematika berbasis PBL pada kelas V berdasarkan kevalidannya? 2) Bagaimana kualitas LKPD Matematika berbasis PBL pada kelas V berdasarkan kepraktisannya? dan 3) Bagaimana kualitas LKPD Matematika berbasis PBL pada kelas V berdasarkan keefektifannya? Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan metode angket. Teknik analisis data mengggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kevalidan telah dilakukan oleh validator dengan skor mencapai 95,5% dengan kategori sangat valid, 2) Kepraktisan telah dilakukan oleh guru dengan skor mencapai 85% dengan kategori sangat praktis, 3) Keefektifan telah dilakukan oleh peserta didik dengan skor mencapai 89,7% dengan kategori sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Buku Beta.

Azis, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Validitas, Realibilitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks). Padang: Universitas Negeri Padang.

Fauzan, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, Hlm 27-35, 2017.

Fikri, Z. (2018) Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Al-Khwarizmi), Vol.8, No.2, hal.173-182 ISSN(P): 2337-7666; ISSN (E):2541-6499, Oktober-2018.

Gunantara, Surjan. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Larning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1).

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, Vol.4 No.2 Juli-Desember 2017. ISSN: 2407-053X Halaman: 129-150.

Harahap, M., dan Surya, E. (2019). Makalah Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Hipotenusa, 1 (2), Desember 2019 e-ISSN: 271-3156.

Herlina, Kasim. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA MAN 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5(1):11-18.

Kaharuddin, N.A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi SMA Kelas X. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi IV.

Kesumawati, Nila. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang. Jurnal Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, halaman 231-234, 2008.

Khasanah, B.A. (2018). Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. Jurnal Edumath. Volume 4. No. 2, (2018) , 59-64.

Khotimah, H. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori APOS untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika. Juurnal Edumatica. Vol.4, hlm.26.

Lumbantobing, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Swasta Islamiyah Urung Pane Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan T.P. 2017-2018. Jurnal Matematika Kreatif dan Inovatif, 2018 Semarang State University. All Rights Reserved p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218.

Munandar, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memprediksi, Mengukur, dan Mengkomunikasikan Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Al-Khwarizmi), Vol.8, No.2, hal.173-182 ISSN(P): 2337-7666; ISSN (E):2541-6499, April 2016.

Monica, Helda, Kesumawati, Nila., dan Septiati, Ety. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan), p-ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X Volume 7 No 1, June 2019 (155-166).

Nur, S. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, Vol.2 No.2, Juli 2016.

Rahmah, N. (2015). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume 2, Oktober 2013, Halaman 1-10. Prodi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN Papopo.

Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk SMP. Journal for Research in Mathematics Learning (Juring). p-ISSN: 2621-7430, |e-ISSN: 2621-7422, Vol. 2, No. 1, Maret 2019, Hal. 1-7.

Sari, I.R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori Apos Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume 2, Oktober 2019, Halaman 1-10.

Sharli Yunita Astari, Kesumawati, Nila, Misdalina. (2021). Development of Social Arithmetic Teaching Materials Using IT-Based PMRI Approach for SMP Students. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 15, No. 2, July 2021, pp. 191-202 P-ISSN: 1978-0044, E-ISSN: 2549-1040, DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13022.191-202.

Silvia, T.S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Hipotenusa, 1 (2), Desember 2019 e-ISSN: 271-3156.

Sugandi, Asep Ikin. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, ISSN 2614-221X (print) Volume 4, No. 1, Januari 2021 ISSN 2614-2155 (online) DOI 10.22460/jpmi.v4i1.149-160.

Sukardi, N. (2011). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI Nurul Huda Sukun Malang. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar, Volume 1 No.1, Mei 2017.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2016). Medesain Model Pembelajara Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wandari, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, ©Edumatika, Volume 1, Nomor 2, November 2018.

Wijiati, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan (JPs), Volume 03, Nomor 1, Februari 2019.

Zahiroh, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI Nurul Huda Sukun Malang. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar, Volume 1 No.1, Mei 2017.

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Novriani, N., Kesumawati, N., & Kuswidyanarko, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 53–69. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2829

Most read articles by the same author(s)