Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Four Cs Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2179Keywords:
Pengembangan Modul IPA RBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan pengembangan ini menghasilkan produk dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Ketermpilan Four Cs. Tema Indahnya Kebersamaan Di Sekolah Dasar di kelas IV. Meningkatkan semangat, fokus dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran adalah bagian dari tujuan tersebut. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar modul IPA berbasis RBL untuk mengembangkan Four Cs. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Deveploment (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru dari hasil pengembangan. Metode pengembangan ini menggunakan metode Penelitian model 4D( Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Pendefenisian (Difine), Perancangan (Design,) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil validasi oleh validator di peroleh persentase sebanyak 85,%, hasil praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik diperoleh presentase sebanyak 96% dan hasil efektifitas diperoleh presentase sebanyak 91%. Modul IPA yang dikembangkan mengahasilkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul IPA layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semangat, fokus, dan minat peserta didik dapat meningkat dan dapat mempengaruhi hasil belajar yang efektif. Pengembangan Modul IPA RBLDownloads
References
Apriliana, A., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Resource Based Learning ( RBL ) Dan Problem Based Learning( PBL ) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas XI SMA Sekabupaten Kudus Tahun 2013 / 2014. 3(5), 483–494.
Arum, T. S. (2013). Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD.
Dewi, M., Simanjuntak, R., Studi, P., Universitas, P., & Medan, N. (2019). Membangun Keterampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Induksi 4 . 0. 3, 921–929.
Estuhono. (2020). Buku Model Research Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan For Cs Pada Pembelajaran Fisika SMA. 2020.
Gingga Prananda, (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD
Peniati, E. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1), 8–15.
Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1.
Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 ISSN: 1979-911X. (2014). November, 155–160.
Sari, D. D., Ashadi, & Prayitno, B. adi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Tema Hujan Asam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan P roses Sains Pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Inkuiri, 6(1), 103–110.
Sejarah, D. P. (n.d.). No Title. 3(2), 147–160.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013 The Implementation Of Assessmentin The Curriculum 2013 Pendahuluan Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 telah mulai diberlakukan Kurikulum 2013 di selu- ruh Indonesia yang merupakan pembaharu- an dan penyempurnaan Ku. 20(2).
Tarakan, U. B. (2018). Kontekstual. 8(1), 28–37.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. 5(2), 147–157.
Wiratmaja, I. G. (2019). Vol. 11 No. 2. 11(2), 73–81.
Zulirfan, dkk (2018) The Pracallity Of Rigid Body Dynamics Constructivist Modul As Phyisc Learning Resource Of Senior High School Studensts