Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Pada Keterampilan 4C Tema Benda Dan Sifatnya Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2102Keywords:
Pengembangan, Modul IPA, RBL, 4C.Abstract
Selama ini aspek penilaian keterampilan 4C pada peserta didik belum menjadi perhatian utama di sekolah dasar, hal ini disebabkan karena bahan ajar yang digunakan belum begitu baik. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki perangkat pembelajaran yang ada di sekolah dasar khsususnya pada mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis kurikulum, analisis Karakteristik siswa, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu modul dan tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penilaian validasi modul yang dilakukan oleh tiga orang ahli mempunyai skor validasi isi 88%, skor validasi bahasa 85,2%, dan skor validasi konstruk 98,2%, dapat lah skor rata-rata validasi 90,4,% dengan kategori sangat valid yang dilihat dari komponen modul. Hasil penilaian praktikalitas bahan ajar yang dilakukan oleh guru kelas mempunyai skor rata-rata 94,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektifitas perangkat bahan ajar didukung oleh penilaian kognitif dengan rata-rata 85,7%, dengan kategori sangat efektif. Penelitian ini menghasilkan modul IPA dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.Downloads
References
Estuhono. (2020). Pengembangan Model Research Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Four Cs pada Pembelajaran Fisika SMA. Estuhono, 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Rubrik Penilaian Kinerja pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/24742
Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Dharma PGSD, 1(Online), 41.
Purnomo, N. (2021). Pengembangan Kamus IPA Berbasis Microsoft Excel Sebagai Suplemen Buku IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(April), 58–68. http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33228
Rahim, F. R. (2019). Implementasi Research Based Learning (RBL) pada Mata Kuliah IPA Terpadu di Pro-gram Studi Pendidikan Fisika. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 82. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/321
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
Wendy, S. (2020). Modul dengan menggunakan pendekatan berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Lubuk Lintah. Universitas Bung Hatta Padang, IV(3), 1–11.
Winarni Widi Endang. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.