HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, RIWAYAT KELUARGA, DAN RUTINITAS OLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI KELAS VIII SMPN 2 BANGKINANG KOTA

Authors

  • apriza Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Dismenorea, Status Gizi, Riwayat Keluarga, Rutinitas Olahraga

Abstract

Nyeri pada saat menstruasi atau dismenorea sering dikeluhkan oleh remaja putri, sensasi yang tidak nyaman yang terjadi kebanyakan wanita seperti kram, nyeri dibagian abdomen dan nyeri pada pinggang yang sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari wanita terutama remaja putri. Remaja yang mengalami dismenorea membuat aktivitas belajarnya terganggu dan tak jarang hal ini membuat mereka tidak masuk sekolah. Faktor timbulnya nyeri dipengaruhi oleh faktor psikologi, menarche, faktor endoktrin, faktor hormon dan riwayat keluarga, kemudian faktor yang dapat mengurangi nyeri adalah dengan cukup olahraga yang teratur dan makan makanan bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi, riwayat keluarga dan rutinitas olahraga terhadap kejadian dismenorea pada remaja putri di SMPN 2 Bangkinang Kota tahun 2021. Desain kualitatif menggunakan penelitian jenis cross sectional. Jumlah Sampel sebanyak 50 siswi dengan metode simple random sampling dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara status gizi (p value = 0,012 PR= 0,212), riwayat keluarga gizi (p value = 0,041 PR= 0,291), dan rutinitas olahraga (p value = 0,000 PR= 0,063) dengan kejadian dismenorea pada remaja putri kelas VIII SMPN 2 Bangkinang Kota. Pada penelitian ini terdapat adanya hubungan antara status gizi, riwayat keluarga dan rutinitas olahraga dengan kejadian dismenorea pada remaja putri kelas VIII SMPN 2 Bangkinang Kota.

References

Apriza. (2021). Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan SKala Nyeri Menstruasi (Dismenorea) Pada Remaja Putri Di Desa Pulau Jambu Wilayah Kerja Puskesmas Kuok.

Astawan, M. (2020). Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Husnida, N., & Sutianingsih, H. (2015). Hubungan Antara Status Gizi Dan Olahraga Dengan Kejadian Dismenore Pada Mahasiswi Jurusan Kebidanan Rangkasbitung Tahun 2015 ,http://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/Medikes/article/view/116.

holifah, & Hadikasari, A. A. (2015). Hubungan Anemia, Status Gizi, Olahraga dan Pengetahuan Dengan Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri , http://ojs.umsida.ac.id/index.php/midwiferia/article/download/346/297.

Donsul, D. J. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Gustina, E., & Djannah, S. N. (2015). Sumber Informasi Dan Pengetahuan Tentang Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri , https://journal.unnes.ac.id/nju/index.oho.kemas.

Islami, & Asiyah, N. (2019). Skala Nyeri Dismenore Berbasis Indeks Masa Tubuh Level, http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/738/720/

Kusnaningsih, A. (2020). Prevalensi Dismenore Pada Remaja Putri Di Madrasah Aliyah Darur Ulum dan Miftahul Jannah Palangka Raya. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm/article/view/1247/1132.

Lestari, F. (2015). Pengaruh Pemberian Air Kelapa Hijau Terhadap Tingkat Nyeri Haid Pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta , https://core.ac.uk/download/pdf/299432772.pdf.

Notoatmodjo, P. D. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, R. C. (2019). Hubungan Antara Status Gizi, Riwayat Keluarga, dan Rutinitas Olahraga Dengan Kejadian Dismenore Pada Siswi Kelas XI Di SMA 08 Pontianak

Pramardika, D. D., & Fitriana. (2019). Panduan Penanganan Dismenore. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Sinaga, E., Saribanon, N., Suprihatin, Sa'adah, N., Salamah, U., Murti, Y. A., et al. (2017). Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional IWWASH Global One.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Susanti, R. D., Utami, N. W., & Lasri. (2018). hubungan Nyeri Haid (Dysmenorrhea) Dengan Aktivitas Belajar Pada Remaja Putri MTs Muhammadiyah 2 Malang

https://publikasi.unitri.ac.id/index/php/fikes/article/view/760/601.

Tsamara, G., Raharjo, W., & Putri, E. A. (2002). Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Dismenore Primer Pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. https://juornal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/8543/4834.

Utari, A. D. (2020). Pengaruh Pemberian Seduhan Kayu Manis (Cinnamomum Verum) Terhadap Dismenore Pada Remaja Putri Di RT 01 RW 03 Desa Salo Sipungguk Kampar Tahun 2020.

Widyaningrum, H., & T. S. (2019). Kitab Tanaman Obat Nusantara. Jakarta: aaaaaamedia Pressindo.

Wulanda, C. (2019). Efektiftas Senam Dismenore Pada Pagi dan Sore Hari Terhadap Penanganan Nyeri Haid Pada Remaja Putri Saat Haid di SMPN 2 Bangkinang Kota.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

apriza, & Isnaeni, L. M. A. . (2022). HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, RIWAYAT KELUARGA, DAN RUTINITAS OLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI KELAS VIII SMPN 2 BANGKINANG KOTA. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(2), 1–7. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/view/9071

Issue

Section

Articles