EFEKTIFITAS KOMPRES SEREI HANGAT TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI ARTHRITIS RHEUMATOID PADA LANSIA DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v4i1.715

Keywords:

Skala nyeri, kompres serai hangat

Abstract

Arthritis rematoid seringkali melibatkan organ tubuh lainnya yang disertai nyeri dan kaku pada system otot dan jaringan ikat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kompres serai hangat terhadap skala nyeri arthritis rematoid pada lansia di Desa Naumbai Wilayah Kerja Puskesmas Kampar.Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dalam satu kelompok ( one group pre test-pos test design). Populasi adalah seluruh pasien arthritis rheumatoid di Desa Naumbai dengan jumlah 127 orang. Adapun penentuan sampel menggunakan purposive sampling, jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Numerical Rating Scale dan Skala nyeri wajah. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariate dengan menggunakan uji T-Dependent. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan secara bermakna antara skala nyeri responden setelah diberikan kompres serai hangat dengan nilai p-value (0,000) < α (0,05). Diharapkan penderita arthritis rheumatoid dengan nyeri dapat mengaplikasikan kompres serai hangat untuk penurunan skala nyeri.

References

Baughman, D. C., Hackley, J. C., (2000), Keperawatan Medikal-Bedah Buku. Saku Dari Brunner & Suddarth (Terjemahan), EGC, Jakarta.

Hidayat, A.A. (2009). Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Mansjoer Arif. (2001). Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta : FKUI. Potter, P.A, Perry (2001) Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep,. Proses, dan Praktik. Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Hidayat, A.A. (2012). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika

Hartatik, Indah Puji. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta. Laksana.

Moekijat. 2008. Adminitrasi Perkantoran. Bandung: Mandar Maju.

Notoatmodjo. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Belajar

Utami. (2005). Tanaman Obat Untuk Mengatasi Rematik dan Asam Urat. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Potter, P.A., & Perry. A.G. (2009). Fundamentals of Nursing : Fundamental Keperawatan (edisi 7). Jakarta: Salemba Medika (terjemahan).

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

HIDAYAT, R. (2020). EFEKTIFITAS KOMPRES SEREI HANGAT TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI ARTHRITIS RHEUMATOID PADA LANSIA DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPAR. Jurnal Ners, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jn.v4i1.715

Issue

Section

Articles