PENGARUH PROBLEM SOLVING, AFFECTIVE RESPONSIVENESS DAN AFFECTIVE INVOLVEMENT KELUARGA TERHADAP MASALAH MENTAL EMOSIONAL REMAJA DARI PERSPEKTIF BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.6686Abstract
Pandemi COVID-19 dan langkah-langkah social distancing berdampak pada kehidupan sehari-hari remaja. Penyebabnya berupa penutupan sekolah, pembelajaran jarak jauh, pembatasan keluar rumah, dan ketidakmampuan untuk berkumpul dengan teman (Centers for Disease Control and Prevention 2021). Mental health problem dapat muncul dari berbagai aspek, seperti emosi, perilaku, atensi, serta regulasi diri (Dunn 2016). Emosi negative (kecemasan, depresi dan kemarahan) meningkat dan emosi positif (kebahagiaan dan kepuasan hidup) mengalami penurunan Selama COVID-19 (Li et al. 2020). Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Pengaruh Problem solving, Affective Responsiveness dan Affective Involvement pada Keluarga Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja pada Era Pandemi COVID-19 di tinjau dari Perspektif Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa dan Siswi SMAN yang ada di Kabupaten Dharmasraya dengan jumlah sampel sebanyak 401 responden. Pengambilan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengaruh problem solving terhadap Emosional symptoms dengan nilai statistik Pvalue 0,033, tidak terdapat pengaruh Affective Responsiveness terhadap Emosional symptoms dengan nilai statistik Pvalue 0,003dan terdapat pengaruh Affective Involvement terhadap Emosional symptoms dengan nilai statistik Pvalue 0,493. Disarankan kepada orang tua untuk menjaga dan meningkatkan fungsi keluarga agar remaja memiliki mental emosional yang normal.Downloads
Published
2022-10-19
How to Cite
ENOPADRIA, C., & PUTRI, D. E. . (2022). PENGARUH PROBLEM SOLVING, AFFECTIVE RESPONSIVENESS DAN AFFECTIVE INVOLVEMENT KELUARGA TERHADAP MASALAH MENTAL EMOSIONAL REMAJA DARI PERSPEKTIF BUDAYA. Jurnal Ners, 6(2), 96–101. https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.6686
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).