Efektivitas Video Edukasi Manajemen Efek Kemoterapi VCD (Video Cindy Dini) terhadap Pengetahuan, Mukositis dan Fatigue pada Anak Kanker
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.36477Abstract
Anak-anak dengan kanker membutuhkan perawatan jangka panjang yang melibatkan peran aktif keluarga, terutama orangtua sebagai caregiver. Pengobatan kanker melalui kemoterapi dapat menimbulkan berbagai efek samping fisik dan psikologis, seperti mukositis dan fatigue, yang berpotensi mempengaruhi kualitas hidup serta keberhasilan pengobatan anak. Edukasi yang tepat kepada orangtua mengenai manajemen efek samping kemoterapi sangat penting untuk mendukung perawatan anak secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi manajemen efek kemoterapi terhadap pengetahuan caregiver, serta dampaknya terhadap mukositis, dan fatigue pada anak dengan kanker. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Riau dengan menggunakan desain kuantitatif quasi experiment dan pendekatan pre-test dan post-test non-equivalent control group. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner pengetahuan orangtua tentang manajemen efek kemoterapi, OAG untuk mukositis, dan FOA-A untuk fatigue. Berdasarakan hasil penelitian dengan menggunakan uji independent t test didapatkan perbedaan rerata nilai mucositis yaitu 0.028 (p<0.05) dan nilai fatigue yaitu 0.000 (p<0.05), sementara tidak terdapat perbedaan nilai pengetahuan yaitu 0.90 (p>0.05). Kesimpulannya terdapat perbedaan rerata nilai mukositis, dan fatigue anak yang mengalami kanker setelah diberikan video edukasi. Penerapan Video edukasi dapat memberikan informasi dan dapat membantu anak dan keluarga dalam manajemen efek kemoterapi di YKAKI Riau.Downloads
Published
2024-10-31
How to Cite
Maulinda, D. ., Dale, D. S. ., Febriyeni, C. ., Alfianur , A. ., Wildayani, G. ., & Parluhutan, S. . (2024). Efektivitas Video Edukasi Manajemen Efek Kemoterapi VCD (Video Cindy Dini) terhadap Pengetahuan, Mukositis dan Fatigue pada Anak Kanker. Jurnal Ners, 8(2), 2111–2115. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.36477
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).