Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Darat Kendaraan Roda 2, 4 Dan 6 Sebagai Penyebab Angka Kesakitan Dan Kematian Yang Dirawat Rsud Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.33475Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kecelakaan lalu lintas darat kendaraan roda 2, 4 dan 6 sebagai penyebab angka kesakitan dan kematian yang dirawat Rsud Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokunetasi. Analisa data dengan reduksi data, data display dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk tabrakan dengan pengendara lain, kerusakan kendaraan akibat kurang perawatan, serta kecepatan tinggi dan manuver berbahaya dari korban. Penanganan cepat dan tepat di rumah sakit sangat penting, meliputi penilaian, stabilisasi, dan intervensi medis, serta administrasi yang mencakup registrasi pasien, koordinasi, dan pelayanan sosial-psikologis. Di Indonesia, masih ada kurangnya perhatian terhadap korban kecelakaan, dengan banyak yang menganggapnya sebagai nasib. Namun, angka kematian dan cacat dapat dikurangi dengan sistem penanggulangan darurat yang terpadu. Untuk meringankan beban korban, tersedia berbagai program seperti Jamkesda, BPJS Kesehatan, dan Jasa Raharja. Program Universal Health Coverage (UHC) memastikan bahwa semua pasien, baik peserta BPJS, JKN, maupun umum, mendapatkan kualitas pelayanan yang setara tanpa khawatir biayaDownloads
Published
2024-10-02
How to Cite
Fauzi, M. R. ., Saimi, S., & Fathoni, A. F. (2024). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Darat Kendaraan Roda 2, 4 Dan 6 Sebagai Penyebab Angka Kesakitan Dan Kematian Yang Dirawat Rsud Kota Mataram. Jurnal Ners, 8(2), 2083–2087. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.33475
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).