Optimalisasi Kepuasan Pemanfaatan PSC (Public Safety Center) 119 Dalam Meningkatkan Layanan Masyarakat Pada Penanganan Kasus Kegawatdaruratan dan Non Kegawatdaruratan Melalui Koordinator Berkabar (Kobar)

Authors

  • Miftahul Jannah STIKes Ngudia Husada Madura
  • Eny Susanti STIKes Ngudia Husada Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.33349

Abstract

PSC (Public Safety Center) 119 merupakan bagian utama dari rangkaian kegiatan SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)   pra fasilitas pelayanan kesehatan yang berfungsi melakukan pelayanan kegawatdaruratan dan tindakan pertolongan pertama di lokasi kejadian yang di harapkan dapat menjamin respon cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan sebelum dirujuk ke Fasilitas  Pelayanan Kesehatan terdekat. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui optimalisasi kepuasan pemanfaatan PSC 119 dalam meningkatkan layanan kepada Masyarakat pada penanganan kasus kegawatdaruratan dan non kegawatdaruratan Desain dalam proyek ini menggunakan Deskriptif, variabel yang kita ukur meliputi kepuasan pasien/keluarga, jumlah kasus yang ditangani, kepuasan petugas PSC 119. Sampel dari project ini adalah semua populasi yang terlibat yaitu pasien atau keluarga pasien pada bulan Oktober - Desember 2023 dan 1 dokter, 9 perawat, 2 driver. Berdasarkan hasil pengumpulan data melalui kuesioner didapatkan rata-rata pasien/keluarga pasien menyatakan puas terhadap pelayanan penerimaan panggilan oleh call center, dan menyatakan sangat puas terhadap pelayanan petugas PSC 119. Sedangkan rata-rata petugas PSC 119 menyatakan puas terhadap pelaksanaan program layanan PSC 119. Diperlukan dikembangkan sistem pembentukan koodinator jejaring PSC 119 yang dinamakan sebagai KOBAR (koordinator berkabar) sebagai penanggung jawab untuk membantu rangkaian proses evakuasi korban.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Jannah , M. ., & Susanti, E. (2024). Optimalisasi Kepuasan Pemanfaatan PSC (Public Safety Center) 119 Dalam Meningkatkan Layanan Masyarakat Pada Penanganan Kasus Kegawatdaruratan dan Non Kegawatdaruratan Melalui Koordinator Berkabar (Kobar). Jurnal Ners, 8(2), 2143–2146. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.33349