Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Andi Niartiningsih Universitas Cokroaminoto Makassar https://orcid.org/0009-0008-2524-5043
  • Nurfitriani Nurfitriani Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Nurul Hidayah Nur Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Mene Paradilla Universitas Cokroaminoto Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.31989

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu keadaan yang dirasakan oleh seseorang setelah ia mengalami suatu tindakan atau hasil dari tindakan yang memenuhi harapan-harapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan studi observasional analitik dengan rancangan cross sectional stud. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien umum yang melakukan pelayanan di Instalasi Rawat Jalan yaitu 6.992 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan stratified random sampling dengan jenis proportional random sampling sebanyak 121 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji univariat dan bivariat (chi square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Disarankan manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanandengan membuat alur prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit, membuat kesigapan perawat yang cepat dan tanggap untuk membantu pasien dan menanyakan kebutuhan pasien.

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Niartiningsih, A., Nurfitriani, N., Nur, N. H. ., & Paradilla, M. . (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ners, 9(1), 197–202. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.31989