Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Muaratara Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30818Abstract
Ketidakpuasan pelayanan disebabkan oleh fasilitas yang diberikan jumlah yang dibayarkan, tidak tersedianya obat-obatan dan bahan habis pakai dan kesenjangan pemeriksaan oleh petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Karang Jaya. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Penelitian sudah dilakukan pada tanggal 2-15 April 2024 di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Muaratara Tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berobat di Puskesmas Karang Jaya tahun 2023, yaitu berjumlah 80 responden.. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuisioner. Analisis data bivariat menggunakan uji Chi-Square dan multivariate menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan tangible (p value 0,02), emphaty (p value 0,01) dengan kepuasan mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Muaratara Tahun 2024. Faktor yang paling dominan dengan kepuasan mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Muaratara Tahun 2024 yaitu emphaty (p value 0,009), (OR 0,276). Diharapkan pihak puskesmas memberikan pelayanan dengan ramah, serta berkomunikasi ke pasien terhadap pelayanan yang diberikan.Downloads
Published
2024-11-03
How to Cite
Widiyanto, R., Priyanto, A. D. ., & Zaman, C. . (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Muaratara Tahun 2024. Jurnal Ners, 9(1), 586–594. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).