Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024

Authors

  • Yunita Yunita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang
  • Arie Wahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang
  • Chairil Zaman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30026

Abstract

Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada Masyarakat haruslah berkualitas sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Sehingga apabila pelayanan yang diterima oleh pasien tidak sesuai dengan standar maka akan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Instalasi Farmasi RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024. Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain cross-sectional. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 5 maret - 28 maret 2024. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien menerima pelayanan farmasi di Instalasi Farmasi RSD Besemah Kota Pagar Alamyang berjumlah 47.340 orang dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik dalam pengambilan sampel dengan purposive sampling, dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data primer pada penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuisioner. Analisis bivariat dengan chi-quare diperoleh hasil penelitian ada hubungan tangibles (p Value 0,00) kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Instalasi Farmasi RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024. Analisis multivariate regresi logistik menunjukan faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah tangibes (p Value 0,00). Kesimpulan ada hubungan tangibles dengan kepuasan pasien.

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Yunita, Y., Wahyudi, A. ., & Zaman, C. . (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024 . Jurnal Ners, 9(1), 667–675. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30026