Mutu Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien

Authors

  • Saturnina Fernandes Belo Institusi Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29518

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien. Desain penelitian ini menggunakan literature review yaitu penelitian kepustakaan yang mengkaji jurnal berkualitas kritis, yang telah disaring dengan kriteria inklusi dan menggunakan beberapa basis data seperti Google Scholar, Pubmed dan Science Direct  sebagai literasi dalam penelitian ini. Penelusuran artikel tahun 2024 yang dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2024 menunjukkan hasil 2,890 menurut kata kunci mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien, yang disaring menjadi 21 jurnal sesuai tema dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien dapat dilakukan dengan 1) mutu sangat penting dalam pelayanan, terutama dalam pelayanan kesehatan/keperawatan di puskesmas dan di rumah sakit guna untuk meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga. 2) dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien seperti kualitas produk atau jasa, harga, emosional, kinerja, estetika, lokasi, fasilitas, komunikasi, suasana, desain visual dan pelayanan itu sendiri yang meliputi  aspek bentuk fisik,  kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. 3) dampak dari peningkatan mutu pelayanan keperawatan adalah meningkatkan derajat kesehatan/keperawatan, meningkatnya kepuasan pasien dan untuk kembali menggunakan jasa layanan di puskesmas dan rumah sakit.

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Belo, S. F. (2024). Mutu Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29518