Mutu Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29518Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien. Desain penelitian ini menggunakan literature review yaitu penelitian kepustakaan yang mengkaji jurnal berkualitas kritis, yang telah disaring dengan kriteria inklusi dan menggunakan beberapa basis data seperti Google Scholar, Pubmed dan Science Direct sebagai literasi dalam penelitian ini. Penelusuran artikel tahun 2024 yang dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2024 menunjukkan hasil 2,890 menurut kata kunci mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien, yang disaring menjadi 21 jurnal sesuai tema dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien dapat dilakukan dengan 1) mutu sangat penting dalam pelayanan, terutama dalam pelayanan kesehatan/keperawatan di puskesmas dan di rumah sakit guna untuk meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga. 2) dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien seperti kualitas produk atau jasa, harga, emosional, kinerja, estetika, lokasi, fasilitas, komunikasi, suasana, desain visual dan pelayanan itu sendiri yang meliputi aspek bentuk fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. 3) dampak dari peningkatan mutu pelayanan keperawatan adalah meningkatkan derajat kesehatan/keperawatan, meningkatnya kepuasan pasien dan untuk kembali menggunakan jasa layanan di puskesmas dan rumah sakit.Downloads
Published
2024-11-03
How to Cite
Belo, S. F. (2024). Mutu Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29518
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).