Determinan Perceived Organizational Support (POS) Tenaga Kesehatan Pada Masa Pandemi: Literature Review

Authors

  • Kaoline Eki Maharani Putri Efendi Universitas Airlangga
  • Nyoman Anita Damayanti Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29452

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan situasi di berbagai sektor, salah satunya fasilitas kesehatan. Perubahan ini menyebabkan perubahan kinerja pada tenaga kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu perceived organizational support (POS). Perceived organizational support (POS) merupakan persepsi karyawan dimana mereka menganggap organisasi peduli dengan kesejahteraannya dan menghargai kontribusinya kepada organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap POS. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Literatur didapatkan dari database Pubmed dan Google Scholar, untuk periode 2020 hingga 2023 Jumlah literatur yang dianalisis sebanyak 9 literatur. Hasil yang ditemukan berdasarkan analisis literatur yaitu faktor dukungan manajerial, role stressor, tindakan atau kebijakan organisasi dalam pengendalian infeksi COVID-19 pada tempat kerja, dan praktik HRM berupa karakteristik pekerjaan, pelatihan, penilaian kinerja, pengembangan karir, kompensasi berpengaruh terhadap POS tenaga kesehatan. selain itu faktor demografi seperti usia, jenis kelamin, pengalaman kerja, dan jenis pekerjaan juga berpengaruh terhadap POS. Manajer diharapkan dapat mengembangkan rasa dukungan organisasi yang tersedia pada tenaga kesehatan.

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Efendi, K. E. M. P., & Damayanti, N. A. . . (2024). Determinan Perceived Organizational Support (POS) Tenaga Kesehatan Pada Masa Pandemi: Literature Review. Jurnal Ners, 9(1), 820–828. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29452