Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Remaja Putri Dalam Mengatasi Dismenore Di Smpn 2 Mentaya Hilir Selatan

Authors

  • Mila Karmila STIKES Eka Harap Palangkaraya
  • Hermanto Hermanto STIKES Eka Harap Palangkaraya
  • Kristin Rosela STIKES Eka Harap Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26329

Abstract

Dismenore merupakan nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah saat haid. Indonesia memiliki prevalensi dismenore mencapai 98,8%. Berdasarkan hasil survei pendahuluan pada 13 November 2023 di SMPN 2 Mentaya Hilir Selatan kepada 8 remaja putri didapatkan sebanyak 7 remaja putri mengalami dismenore. Dari 7 remaja putri yang mengalami dismenore, hanya 1 remaja putri yang menangani dismenore dan 6 remaja putri tidak melakukan penanganan ketika mengalami dismenore. Dismenore memberikan dampak bagi fisik, psikologi, sosial dan ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku remaja putri dalam mengatasi dismenore di SMPN 2 Mentaya Hilir Selatan. Desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional dan metode kuantitatif. Sampel berjumlah 45 responden menggunakan metode simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis hubungan antar variabel menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan pengetahuan tentang dismenore dengan kategori cukup sebanyak 26 (57,8%), kurang 11(24,4%), baik 8 (17,8%). Perilaku positif dalam mengatasi dismenore sebanyak 31(68,9 %) dan perilaku negatif 14 (31,1 %). Hasil uji chi square menunjukan adanya hubungan pengetahuan dengan perilaku remaja putri dalam mengatasi dismenore dengan p-value 0,000. Disarankan untuk memberikan edukasi dismenore melalui berbagai metode seperti penyuluhan, pemberian leaflet, poster dan booklet.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Karmila, M. ., Hermanto, H., & Rosela, K. . (2024). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Remaja Putri Dalam Mengatasi Dismenore Di Smpn 2 Mentaya Hilir Selatan. Jurnal Ners, 8(2), 1732–1736. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26329

Issue

Section

Articles