Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan Tahun 2023

Authors

  • Lenny Tiarmaida Siagian Institut Kesehatan Helvetia
  • Ismail Efendy Institut Kesehatan Helvetia
  • Rida Evalina Tarigan Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26278

Abstract

Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Terciptanya kualitas pelayanan mutu tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan. Pelayanan dibentuk berdasarkan 5 prinsip Service Quality (Serqual) yaitu Reability,Assurance, Tangible, Emphaty dan Responsives. Dari beberapa hasil studi menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap beberapa pelayanan di Rumah sakit Indonesia masih cukup rendah. Pada saat melakukan survey awal di Rumah sakit Margareth Medan pada 10 responden didapati hanya 8 yang mengaku puas dengan pelayanan yang menggunakan system jaminan dan 2 diantaranya merasa tidak puas akan hal tersebut,Jenis penelitian ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan Rumah Sakit Tere Margareth Medan pada tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berobat ke Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan rumus slovin dimana sampel berjumlah 83 orang.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada Ada pengaruh kepuasan pasien terhadap variabel yang diteliti dengan melakukan uji Chi-Square, yaitu : Reabillity P value = 0,001, Assurance P value= 0,012, Tangibles P value = 0,001, Empaty P value = 0,003, Responsives P value = 0,001. (< 0,05). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien berdasarkan hasil uji regresi logistik adalah variabel Empaty dengan hasil akhir p Value Sig 0,000 dan Exp(B) atau Odd Ratio tertinggi yaitu 23.658. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh reability, assurance, tangible, empaty dan responsives dengan kepuasan pasien di rumah sakit Tere Margareth Medan tahun 2024. Saran rumah sakit perlu meningkatkan ketepatan waktu, keramahan kesopanan, kebersihan fasilitas umum, rasa peduli yang sama rata  serta memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pasien.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Siagian, L. T., Efendy, I. . ., & Tarigan, R. E. . (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan Tahun 2023. Jurnal Ners, 8(2), 1379–1386. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26278

Issue

Section

Articles