Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26278Abstract
Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Terciptanya kualitas pelayanan mutu tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan. Pelayanan dibentuk berdasarkan 5 prinsip Service Quality (Serqual) yaitu Reability,Assurance, Tangible, Emphaty dan Responsives. Dari beberapa hasil studi menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap beberapa pelayanan di Rumah sakit Indonesia masih cukup rendah. Pada saat melakukan survey awal di Rumah sakit Margareth Medan pada 10 responden didapati hanya 8 yang mengaku puas dengan pelayanan yang menggunakan system jaminan dan 2 diantaranya merasa tidak puas akan hal tersebut,Jenis penelitian ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan Rumah Sakit Tere Margareth Medan pada tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berobat ke Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan rumus slovin dimana sampel berjumlah 83 orang.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada Ada pengaruh kepuasan pasien terhadap variabel yang diteliti dengan melakukan uji Chi-Square, yaitu : Reabillity P value = 0,001, Assurance P value= 0,012, Tangibles P value = 0,001, Empaty P value = 0,003, Responsives P value = 0,001. (< 0,05). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien berdasarkan hasil uji regresi logistik adalah variabel Empaty dengan hasil akhir p Value Sig 0,000 dan Exp(B) atau Odd Ratio tertinggi yaitu 23.658. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh reability, assurance, tangible, empaty dan responsives dengan kepuasan pasien di rumah sakit Tere Margareth Medan tahun 2024. Saran rumah sakit perlu meningkatkan ketepatan waktu, keramahan kesopanan, kebersihan fasilitas umum, rasa peduli yang sama rata serta memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pasien.Downloads
Published
2024-05-29
How to Cite
Siagian, L. T., Efendy, I. . ., & Tarigan, R. E. . (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Tere Margareth Medan Tahun 2023. Jurnal Ners, 8(2), 1379–1386. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.26278
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).