Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan Biskuit Sandwich Terhadap Penambahan Berat Badan Pada Ibu Hamil KEK Effect of Sandwich Biscuit Supplementary Feeding on Weight Gain in Pregnant Woman (KEK)

Authors

  • Lismawati Lismawati Universitas Adiwangwasa Jambi
  • Diane Marlin Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.25738

Abstract

Masalah gizi kurang pada ibu hamil masih merupakan fokus perhatian, masalah tersebut antara lain anemia dan ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK). Ibu hamil dengan masalah gizi berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi serta kualitas bayi yang dilahirkan. Penelitian ini merupakan quasy-eksperimental, dengan rancangan yang one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah  ibu hamil  KEK  di  Puskesmas  Rawat  Inap  Pijoan  Baru sebanyak  10  orang.  Sampel penelitian  ini  adalah  dengan menggunakan teknik sampling total sampling. Uji statistik yang digunakan  untuk  menganalisa  data  keduavariable  tersebut adalah dengan menggunakan T-Test. Hasil penelitian  distribusi berat badan ibu hamil sebelum diberikan makanan tambahan biskuit sandwich rata-rata berat badan ibu yaitu 50.400 dengan nilai minimum 47 dan maksimum 56 kg dan setelah diberikan makanan tambahan biskuit sandwich rata-rata berat badan ibu yaitu 54.280 dengan nilai minimum 53.0 dan maksimum 59 kg. Ada pengaruh yang signifikan antara Pemberian Makanan   Tambahan   Biskuit   Sandwich   Terhadap   Penambahan Berat Badan Pada Ibu Hamil KEK di Puskesmas Puskesmas Rawat Inap Pijoan Baru Tahun 2022 dengan nilai p-value 0.000 . Dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 3 kali porsi protein setiap hari, anjuran konsumsi kurang lebih 1 sendok makan zat lemak setiap kali makan, guna menyediakan energi dan peningkatan perkembangan otak janin. Serta sumber vitamin dan mineral yang didapatkan dari sayuran, buah-buahan dan susu.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Lismawati, L., & Marlin, D. (2024). Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan Biskuit Sandwich Terhadap Penambahan Berat Badan Pada Ibu Hamil KEK Effect of Sandwich Biscuit Supplementary Feeding on Weight Gain in Pregnant Woman (KEK). Jurnal Ners, 8(2), 1807–1813. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.25738

Issue

Section

Articles