Analisis Faktor Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24670Abstract
Kepuasan merupakan ungkapan emosi yang dapat berupa perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan sesuatu yang diharapkan atau diinginkan dengan hasil dari suatu produk pelayanan. Beberapa pakar menganggap bahwa kepuasan pasien dan kepuasan penyelenggara sebagai aspek psikososial dari keefektifan layanan kesehatan. Menganalisis hubungan waktu tunggu laboratorium, jenis pembiayaan, tingkat kegawatan, luaran, dan lama waktu tunggu di IGD terhadap kepuasan pasien IGD RS Sari Mulia Banjarmasin. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional berjumlah 211 responden pasien IGD RS Sari Mulia Banjarmasin dengan metode accidental sampling menggunakan kuisioner dan rekam medis dengan uji univariat dan uji regresi logistik multinomial untuk analisis bivariat dan multivariat Terdapat hubungan tingkat jenis pembiayaan umum dengan tingkat kepuasan baik (p=0,029) dan tingkat kepuasan sangat baik (p=0,005). Tidak terdapat hubungan kepuasan terhadap lama tingkat kegawatan (p>0,05). Data tidak dapat dianalisis pada faktor lama waktu tunggu laboratorium dan luaran pasien karena terdapat variabel dengan jumlah 0 responden. Terdapat hubungan jenis pembiayaan umum dan tingkat kepuasan baik dan sangat baik pada pasien di IGD RS Sari Mulia BanjarmasinDownloads
Published
2024-05-29
How to Cite
Hikmat, R. M. ., Bakhriansyah, M. ., Isa, M. ., Lahdimawan, A. ., & Shadiqi, M. A. . (2024). Analisis Faktor Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Jurnal Ners, 8(2), 1437–1445. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24670
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).