Analisis Faktor Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin

Authors

  • Ramadhan Maulana Hikmat Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Bakhriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Isa Universitas Lambung Mangkurat
  • Ardik Lahdimawan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Abdan Shadiqi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24670

Abstract

Kepuasan merupakan ungkapan emosi yang dapat berupa perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan sesuatu yang diharapkan atau diinginkan dengan hasil dari suatu produk pelayanan. Beberapa pakar menganggap bahwa kepuasan pasien dan kepuasan penyelenggara sebagai aspek psikososial dari keefektifan layanan kesehatan. Menganalisis hubungan waktu tunggu laboratorium, jenis pembiayaan, tingkat kegawatan, luaran, dan lama waktu tunggu di IGD terhadap kepuasan pasien IGD RS Sari Mulia Banjarmasin. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional berjumlah 211 responden pasien IGD RS Sari Mulia Banjarmasin dengan metode accidental sampling menggunakan kuisioner dan rekam medis dengan uji univariat dan uji regresi logistik multinomial untuk analisis bivariat dan multivariat Terdapat hubungan tingkat jenis pembiayaan umum dengan tingkat kepuasan baik (p=0,029) dan tingkat kepuasan sangat baik (p=0,005). Tidak terdapat hubungan kepuasan terhadap lama tingkat kegawatan (p>0,05).  Data tidak dapat dianalisis pada faktor lama waktu tunggu laboratorium dan luaran pasien karena terdapat variabel dengan jumlah 0 responden. Terdapat hubungan jenis pembiayaan umum dan tingkat kepuasan baik dan sangat baik pada pasien di IGD RS Sari Mulia Banjarmasin

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Hikmat, R. M. ., Bakhriansyah, M. ., Isa, M. ., Lahdimawan, A. ., & Shadiqi, M. A. . (2024). Analisis Faktor Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Jurnal Ners, 8(2), 1437–1445. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24670

Issue

Section

Articles