Pengaruh Whatsapp Blast, Dukungan Guru dan Sikap Remaja Putri Terhadap Kepatuhan Minum Tablettambah Darah (TTD) di Wilayah Puskesmas Tampang Tumbang Anjir (Kajian Evaluasi Program Puskesmas Tampang Tumbang Anjir)

Authors

  • Dian Magdalena Universitas Lambung Mangkurat
  • Edi Hartoyo Universitas Lambung Mangkurat
  • Djalalluddin Djalalluddin Universitas Lambung Mangkurat
  • Husaini Husaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Harapan Parlindungan Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24669

Abstract

Remaja putri menjadi salah satu yang rentan mengalami anemia dan berpeluang sepuluh kali lebih rentan dibanding remaja putra, hal ini disebabkan karena remaja mengalami masa pertumbuhan yang pesat di masa pubertas dan rutin menstruasi sehingga memerlukan kadar zat besi yang lebih dibandingkan usia yang lain. Berdasarkan laporan pemeriksaan berkala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir tahun 2021 kasus anemia pada remaja berjumlah 35% dari 3 (tiga) Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di wilayah Puskesmas Tampang Tumbang Anjir. (Laporan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, 2021). Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi pengaruh whatsapp blast, dukungan guru dan sikap remaja putri terhadap kepatuhan minum tablet tambah darah (TTD) di wilayah puskesmas tampang tumbang anjir (kajian evaluasi program Puskesmas Tampang Tumbang Anjir). Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cros sectional. Variabel independent pengaruh whatsapp blast, dukungan guru dan sikap remaja putri sedangkan variabel dependent kepatuhan minum tablet tambah darah (TTD). Sampel penelitian adalah remaja putri baik yang sudah mentruasi atau belum sebanyak 82 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji reabilitas dan validitasnya oleh peneliti.  Hasil analisis variabel yang berhubungan bermakna dengan kepatuhan minum TTD adalah pemberian Whatsapp Blast (p = 0,001 < a 0,05),  remaja putri yang patuh memiliki sikap baik (P value < alpha (0,003<0,05), siswa yang patuh mendapat dukungan guru P value < alpha (0,003<0,05). Analisis multivariat menggunakan regresi logistik menghasilkan variabel yang signifikan yaitu variabel whatsapp blast" (P Value = 0,006), menunjukkan variabel whatsapp blast memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kepatuhan minum tablet tambah darah.  Variabel yang berhubungan bermakna adalah pemberian whatsapp blast, dukungan guru dan sikap remaja putri. Berdasarkan uji multivariat menunjukkan variabel whatsapp blast memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kepatuhan minum tablet tambah darah.Sehingga WA Blast dapat digunakan sebagai pertimbangan dan referensi dalam upaya meningkatkan kepatuhan remaja dalam mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD).

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Magdalena, D. ., Hartoyo, E. ., Djalalluddin, D., Husaini, H., & Parlindungan, H. . (2024). Pengaruh Whatsapp Blast, Dukungan Guru dan Sikap Remaja Putri Terhadap Kepatuhan Minum Tablettambah Darah (TTD) di Wilayah Puskesmas Tampang Tumbang Anjir (Kajian Evaluasi Program Puskesmas Tampang Tumbang Anjir). Jurnal Ners, 8(2), 1342–1349. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24669

Issue

Section

Articles