Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Hinua

Authors

  • Devi Devi Universitas Wallacea, Mamuju, Indonesia
  • Wita Oileri Tikirik Universitas Wallacea, Mamuju, Indonesia
  • Nini Sahrianti Universitas Wallacea, Mamuju, Indonesia
  • Andi Nursanti Universitas Wallacea, Mamuju, Indonesia
  • Tenny Tarnoto Universitas Wallacea, Mamuju, Indonesia
  • Nasrullah Nasrullah Univesitas Sulbar Manarang, Mamuju, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24546

Abstract

Apabila harapan pasien terpenuhi, berarti pelayanan tersebut telah di anggap sebagai suatu kepuasan pelayanan. Sebaliknya apabila harapan pasien tidak tercapai, maka diartikan kualitas pelayanan tidak memenuhi apa yang diharapkan pasien. Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Hinua Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju dengan pendekatan 5 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat di Puskesmas Hinua pada bulan juni 2023 sebanyak 85 jiwa. dengan hasil penelitian menunjukkan dari 70 sampel yang di teliti bahwa gambaran tingkat tinggi lebih besar dari 55,7% sedangkan gambaran tingkat rendah kurang dari 55,7%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pasien yang ada di Puskesmas Hinua Kecamatan Bonehau tentang kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian dalam kategori puas 39 orang dengan persentase 55,7%, kategori tidak puas 31 orang dengan persentase 44,3%, dengan adanya penelitian ini diharapkan adanya upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan tentang pentingnya pelayanan kefarmasian kepada pasien

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Devi, D., Tikirik, W. O. ., Sahrianti, N. ., Nursanti, A. ., Tarnoto, T. . ., & Nasrullah, N. (2024). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Hinua. Jurnal Ners, 8(2), 1613–1617. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.24546