Pengaruh Peran Ibu Dalam Meningkatkan Stimulasi Kognitif Pada Bayi 6-12 Bulan di Puskesmas Pinarik Kabupaten Padang Lawas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.22623Abstract
Perkembangan kognitif yang terhambat pada anak usia dini akan berakibat pada kualitas manusia dewasa yang rendah. Manusia berkualitas mempunyai kecerdasan, salah satunya adalah kecerdasan kognitif. Peranan anggota keluarga lainnya dalam perkembangan bayi, pada bulan pertama, secara tidak langsung adalah memberi dukungan emosional kepada ibu. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peran ibu dalam meningkatkan stimulasi kognitif pada bayi 6-12 bulan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh anak usia 6-12 bulan dengan jumlah sampel sebanyak 72 anak, dan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil uji signifikan menggunakan uji wilcoxon terhadap stimulasi kognitif bayi sebelum dan sesudah adanya peran ibu pada kelompok eksperimen di dapatkan nilai Asymp. Sig 0,00 (p<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peran ibu dalam meningkatkan stimulasi kognitif pada bayi 6-12 bulan di Puskesmas Pinarik Kabupaten Padang Lawas. Seorang ibu memberikan stimulasi dengan baik bakal menjadikan anak yang mandiri dan sebaliknya bila stimulasi pada anak kurang maka akan diperoleh hasil bahwa anak tersebut tidak dapat mandiri. Kepada ibu yang memiliki anak usia dini agar mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usia nya serta mendeteksi secara dini.Downloads
Published
2024-01-31
How to Cite
Fadillah, M. ., Aminah, A., Devega, M. ., & Harahap, M. A. (2024). Pengaruh Peran Ibu Dalam Meningkatkan Stimulasi Kognitif Pada Bayi 6-12 Bulan di Puskesmas Pinarik Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Ners, 8(1), 549–552. https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.22623
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).