Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit (Suatu Studi Kasus di Rumah Sakit “X”)

Authors

  • Theresia Marditama Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Khaira Izmi Nugrayasa Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Fransisca Vani Stefiani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Fransisca Vina Stefiana Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.21085

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan yang prima dan konsisten akan memberikan kepuasan bagi pasien dan menjadi keunggulan bagi Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES). Indikator keberhasilan rumah sakit dalam menjalankan fungsinya dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit. Metode penelitian dalam penelitian ini ialah desktriptif verifikatif menggunakan kuesioner. Populasi penelitiam adalah pasien rawat jalan di rumah sakit, selanjutnya rumus Slovin digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian dan diperoleh sebanyak 156 responden. Data yang diperoleh dianalis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit “X”.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Marditama, T., Nugrayasa, K. I. ., Stefiani, F. V. ., & Stefiana, F. V. . (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit (Suatu Studi Kasus di Rumah Sakit “X”). Jurnal Ners, 8(1), 722–727. https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.21085

Issue

Section

Articles