HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGUNJUNG CAFE TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANGKINANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v5i1.1877

Keywords:

COVID-19, Pengetahuan, Protokol Kesehatan, Sikap

Abstract

Indonesia salah satu negara yang terdampak wabah COVID-19. Jumlah dari wabah ini terus mengalami peningkatan yang signifikan dan sudah menyebar hampir di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Cafe menjadi salah satu tempat penularan COVID-19, dimana semua orang berkumpul melakukan aktivitas masing-masing, seperti makan, minum atau hanya sekedar ngobrol. Walaupun COVID-19 telah menyebar hampir di seluruh Provinsi di Indonesia, masyarakat masih duduk di kafe sekedar ngobrol atau berkumpul dengan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan sikap pengunjung cafe terhadap penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 di Kota Bangkinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang ke 3 cafe yg selalu ramai oleh pengunjung di Kota Bangkinang. yang berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Pengolahan data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan pengunjung cafe terhadap penerapan protokol kesehatan nilai p value = 0.866, ada hubungan yang signifikan antara sikap pengunjung cafe terhadap penerapan protokol kesehatan dengan p value = 0.028. Diharapkan bagi cafe di Kota Bangkinang dapat memberikan informasi tentang penerapan protokol kesehatan, dimana dalam rangka meningkatkan pengetahuan pengunjung cafe mengenai protokol kesehatan, sehingga akan terbentuk pula pola sikap pengunjung cafe yang positif dalam melakukan pelaksanaan protokol kesehatan dengan baik. Dan bagi pengunjung cafe dapat mengetahui dan menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 di Kota Bangkinang.

References

Azwar, (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). 2 ed: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau. 2020. Data sebaran Suspek & Konfirmasi COVID-19 Provinsi Riau.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. 2020. Data sebaran Suspek & Konfirmasi COVID-19 Kabupaten Kampar.

Hidayat, (2011). Metodologi Peneltian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta, Salemba Medika.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease.

Maulana, H. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta , EGC.

Wawan, (2014). Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta, Nuha Medika.

World Health Organization (WHO). 2020. Global surveillance for human infection with novelcoronavirus (2019-ncov). https://www.who.int/publications-detail/global-surveillance-forhuman-infection-with-novel-coronavirus-(2019 ncov). Diakses pada 22 September 2020.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Z.R, Z., SUDIARTI, P. E., & HARDIANTI, S. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGUNJUNG CAFE TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANGKINANG. Jurnal Ners, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.31004/jn.v5i1.1877

Issue

Section

Articles