Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Media Sosial Whatsapp Terhadap Pengetahuan Remaja Putri tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi di MTSN 2 Kota Serang Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.18217Abstract
Banyak remaja tidak memiliki pemahaman yang tepat bahwa menstruasi adalah proses biologis yang normal. Penelitian Unicef di Indonesia pada tahun 2015 yang dilaksanakan pada 1402 peserta pada 16 sekolah di 4 provinsi di Indonesia menyebutkan bahwa ketidakcukupan pengetahuan tentang menstruasi, siklus menstruasi dan MKM berakibat pada kurangnya persiapan pada saat menstruasi pertama, miskonsepsi tentang pembuangan sampah pembalut, dan kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengelola menstruasi dengan aman di Sekolah. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian Quasy Eksperimental dengan Preand post - test without control (tanpa kelompok kontrol), yang artinya peneliti hanya melakukan intervensi pada satu kelompok tanpa pembanding. Pengaruh perlakuan dinilai dengan cara membandingkan nilai post – test dengan pre – test. Penelitian ini menggunakan 40 responden. Pengaruh pendidikan kesehatan berbasis media social Whatsapp terhadap peningkatan tingkat pengetahuan Personel Hygienis saat Menstruasi dengan analisis uji Wilcoxon yaitu didapatkan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05), dapat disimpulkan “terdapat perbedaan secara signifikan, pengaruh pendidikan kesehatan berbasis media social Whatsapp terhadap peningkatan tingkat pengetahuan Personel Hygienis saat Menstruasi pada remaja putri”Additional Files
Published
2024-01-24
How to Cite
Ninawati, S. ., & Novita, N. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Media Sosial Whatsapp Terhadap Pengetahuan Remaja Putri tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi di MTSN 2 Kota Serang Tahun 2023. Jurnal Ners, 8(1), 396–400. https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.18217
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).