Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Perilaku Pencegahan Fluor Albus Pada Remaja di SMKN 7 Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.17738Abstract
Pendidikan kesehatan mengenai Fluor Albus pada remaja wanita kurang begitu diperhatikan, padahal hal ini sangat penting. Penggunaan metode belajar Jigsaw bisa mengoptimalkan kegiatan belajar-mengajar dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja. Berdasarkan hal tersebut diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Perilaku Pencegahan Fluor Albus Pada Remaja Di SMKN 7 Kota Serang”. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan purposive sampling dengan sample 54 orang. Teknik data termasuk dalam analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan perhitungan statistik program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap pengetahuan, sikap, tindakan dan tindakan observasi responden pada saat pretest dan posttest, dengan p value (0,000) < ? (0,05) menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap remaja setelah diterapkannya metode belajar Jigsaw dalam pendidikan kesehatan mengenai Fluor Albus. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan metode belajar Jigsaw dalam pendidikan kesehatan mengenai Fluor Albus sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Diharapkan metode belajar Jigsaw dapat diimplementasikan pada seluruh lingkungan pendidikan, khususnya untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan.Downloads
Published
2024-01-25
How to Cite
Ananda, I. D. ., & Novita, N. (2024). Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Perilaku Pencegahan Fluor Albus Pada Remaja di SMKN 7 Kota Serang. Jurnal Ners, 8(1), 358–365. https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.17738
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).