Pengaruh Terapi Bermain Storytelling (Bercerita) Terhadap Tingkat Nyeri Saat Prosedur Invasif Pada Anak Prasekolah di Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16946Abstract
Pendahuluan:Nyeri merupakan pengalaman sensori serta emosi yang tidak menyenangkan dan meningkat akibat adanya kerusakan jaringan yang aktual atau potensial serta yang dialami oleh anak. Salah satu terapi non farmakologis yang dapat di lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan terapi storytelling (bercerita). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain storytelling (bercerita) terhadap tingkat nyeri saat prosedur invasif pada anak usia prasekolah di Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi. Metode:Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Eksperimental dengan rancangan postest only with control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 anak usia 3-6 tahun. Pengambilan sampel dengan accidental sampling sejumlah 18 anak kelompok perlakuan dan 18 anak kelompok kontrol. Tingkat nyeri di ukur dengan wong beker faces pain rating scale. Analisis data menggunakan uji Mann-Withney. Hasil: Hasil uji analisis Mann Withney didapatkan nilai p value 0,026 < 0,05 artinya ada perbedaan tingkat nyeri antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Ada pengaruh terapi bermain storytelling (bercerita) terhadap tingkat nyeri saat prosedur invasif pada anak usia prasekolah di Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi. Oleh karena itu direkomendasikan bagi instansi dapat menerapkan terapi bermain dalam bentuk storytelling ini saat tindakan invasif pada anak usia prasekolah.Downloads
Published
2023-10-20
How to Cite
Dewi, E. R., Ekawaty, F. ., & Mutmainnah, M. . (2023). Pengaruh Terapi Bermain Storytelling (Bercerita) Terhadap Tingkat Nyeri Saat Prosedur Invasif Pada Anak Prasekolah di Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi. Jurnal Ners, 7(2), 1652–1658. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16946
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).