Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang Pemberian Makanan Bergizi Pada Balita di Posyandu Kenanga Kelurahan Cempaka Putih Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16795Abstract
Gizi kurang pada anak dapat diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan ibu tentang bagaimana pemberian makanan yang bergizi pada anak serta anak tidak memperoleh cakupan konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Praktek pemberian makanan pada anak merupakan intervensi yang efektif untuk meningkatkan status kesehatan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan perilaku ibu dalam pemberian makanan bergizi pada balita di posyandu kenanga kelurahan cempaka putih wilayah kerja puskesmas simpang kawat kota jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quassy experiment dengan rancangan penelitian one group pretest dan posttest. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 56 responden. Metode yang digunakan berupa ceramah dan demonstrasi dengan analisa data univariat berupa distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji non-parametik Wilcoxon. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa setelah diberikan intervensi tingkat pengetahuan ibu meningkat dari 1 orang (1,8%) menjadi 51 orang (91,1%) dan perilaku ibu meningkat dari 24 orang (42,9%) menjadi 53 orang (94,6%). Hasil uji non parametik Wilcoxon sebelum dan sesudah intervensi didapatkan nilai p-value 0,000 dengan rentang nilai perbedaan pengetahuan sebesar 4,9642 dan perilaku sebesar 17,7143, berarti terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan perilaku ibu.Downloads
Published
2023-10-16
How to Cite
Oktavia, C., Ekawaty, F. ., & Aryanty, N. . (2023). Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang Pemberian Makanan Bergizi Pada Balita di Posyandu Kenanga Kelurahan Cempaka Putih Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi. Jurnal Ners, 7(2), 1561–1566. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16795
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).