Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecenderungan Munculnya Kenakalan Remaja Di Sekolah Pada Siswa SMAN 4 Kota Jambi

Authors

  • Okti Maghfirawati Universitas Jambi
  • Kamariyah Kamariyah Universitas Jambi
  • Luri Mekeama Universitas Jambi
  • Suryadi Imran Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16466

Abstract

  Pola asuh merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak dalam mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual, dan spiritual sejak anak dalam kandungan sampai dewasa. Jika pola asuh yang diberikan tidak dapat membangun konsep diri yang positif, maka dapat menghasilkan karakter diri yang tidak baik dan dapat terjerumus dalam kenakalan remaja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecenderungan munculnya kenakalan remaja di sekolah pada siswa SMAN 4 Kota Jambi. Metode penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat spearman’s rho. Hasil penelitian pola asuh sebagian besar responden adalah pola asuh otoriter sebanyak 65 orang (65,7%), jenis kenakalan remaja yang cenderung dilakukan sebagian besar responden adalah kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban di pihak orang lain sebanyak 60 orang (60,6%), melalui uji spearman’s rho dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecenderungan munculnya kenakalan remaja di sekolah pada siswa SMAN 4 Kota Jambi (p=0,006)  

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Maghfirawati, O., Kamariyah, K., Mekeama, L., & Imran, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecenderungan Munculnya Kenakalan Remaja Di Sekolah Pada Siswa SMAN 4 Kota Jambi. Jurnal Ners, 7(2), 1527–1533. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16466