Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Memakai Masker Siswa Smp Sriwedari Malang

Authors

  • Fernanda Yuli Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Dimas Dwi Yoga Saputra Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Farida Halis DK Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12931

Abstract

Cuci tangan pakai sabun dan memakai masker merupakan langkah antisipasi dari penyebaran virus Covid-19. di sekolah siswa terkadang enggan untuk melakukannya secara berulang kali. Faktor kepatuhan siswa dan minimnya sarana prasarana protokol kesehatan di sekolah adalah penyebabnya. Keuntungan media video yaitu lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Desain penelitian ini adalah Quasy Eksperiment One group tanpa kelompok control. Populasi dan sampelnya siswa kelas VII dan VIII SMP Sriwedari Malang sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan collecting, checking, coding, scoring, entering, dan processing menggunakan SPSS. Uji statistik menggunakan Uji wilcoxon. P Value jika p > 0,05 tidak ada pengaruh jika p < 0,05 ada pengaruh.  Hasil penelitian, sebelum intervensi, pengetahuan cuci tangan pakai sabun responden yang masuk kategori cukup sebesar 30% dan kurang sebesar 70%. Sedangkan pengetahuan memakai masker dengan kategori cukup sebesar 56.6% dan kurang sebesar 43.4%. Stelah intervensi pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun dengan kategori baik sebesar 86.7% dan cukup sebesar 13.3%. Sedangkan memakai masker dengan kategori baik sebesar 100 %.   Kesimpulannya adalah ada pengaruh media video animasi cuci tangan pakai sabun  (CTPS) dan memakai masker terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun dan pakai masker siswa kelas VII dan VIII di SMP Sriwedari Malang.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Yuli, F., Saputra, D. D. Y. ., & DK, F. H. . (2023). Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Memakai Masker Siswa Smp Sriwedari Malang. Jurnal Ners, 7(1), 220–224. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12931

Issue

Section

Articles