Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Memakai Masker Siswa Smp Sriwedari Malang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12931Abstract
Cuci tangan pakai sabun dan memakai masker merupakan langkah antisipasi dari penyebaran virus Covid-19. di sekolah siswa terkadang enggan untuk melakukannya secara berulang kali. Faktor kepatuhan siswa dan minimnya sarana prasarana protokol kesehatan di sekolah adalah penyebabnya. Keuntungan media video yaitu lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Desain penelitian ini adalah Quasy Eksperiment One group tanpa kelompok control. Populasi dan sampelnya siswa kelas VII dan VIII SMP Sriwedari Malang sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan collecting, checking, coding, scoring, entering, dan processing menggunakan SPSS. Uji statistik menggunakan Uji wilcoxon. P Value jika p > 0,05 tidak ada pengaruh jika p < 0,05 ada pengaruh. Hasil penelitian, sebelum intervensi, pengetahuan cuci tangan pakai sabun responden yang masuk kategori cukup sebesar 30% dan kurang sebesar 70%. Sedangkan pengetahuan memakai masker dengan kategori cukup sebesar 56.6% dan kurang sebesar 43.4%. Stelah intervensi pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun dengan kategori baik sebesar 86.7% dan cukup sebesar 13.3%. Sedangkan memakai masker dengan kategori baik sebesar 100 %. Kesimpulannya adalah ada pengaruh media video animasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan memakai masker terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun dan pakai masker siswa kelas VII dan VIII di SMP Sriwedari Malang.Downloads
Published
2023-03-24
How to Cite
Yuli, F., Saputra, D. D. Y. ., & DK, F. H. . (2023). Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Memakai Masker Siswa Smp Sriwedari Malang. Jurnal Ners, 7(1), 220–224. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12931
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).