PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD SE- KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Authors

  • Mastuinda Mastuinda Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Zulkifli Zulkifli Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.868

Keywords:

Persepsi, Penggunaan Loose Parts

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang penggunaan loose parts dalam pembelajaran di PAUD se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dilakukan di Kecamatan Tampan Pekanbaru yang terdiri dari 42 subyek terdiri dari 35 lembaga PAUD, maka diperoleh kesimpulan bahwa guru PAUD Se-Kecamatan Tampan memiliki persepsi yang kurang baik dalam hal persepsi guru tentang penggunaan loose parts. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan guru PAUD Se-Kecamatan Tampan secara keseluruhan yaitu mendapat persentase 58,60% yang terdiri dari tiga indikator yaitu: menyerap, memahami dan menerapkan/aplikasi. Adapun setiap indikator memiliki persentase, indikator menyerap 56,43%, indikator memahami 59,69% dan menilai dengan persentase 59,06%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan angket.

Author Biographies

Mastuinda Mastuinda, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Zulkifli Zulkifli, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Daly, L., & Beloglovsky, M. (2014). Loose parts: Inspiring play in young children (Vol. 1). Redleaf Press.

Haughey, S. (2017). Loose Parts: A Start-Up Guide. Fairy Dust Teaching.

Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 512–518.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1).

Puspita, W. A. (2019). Penggunaan Loose Parts dalam Pembelajaran dengan Muatan STEM. Kepala BP PAUD Dan Pendidikan Masyarakat Jawa Timur Penasehat Kepala Seksi Informasi Dan Kemitraan, 17.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. In Bandung, Alfabeta.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. In PT Sarang Seratus Aksara.

Spencer, R. A., Joshi, N., Branje, K., McIsaac, J.-L. D., Cawley, J., Rehman, L., Kirk, S. F. L., & Stone, M. (2019). Educator perceptions on the benefits and challenges of loose parts play in the outdoor environments of childcare centres. AIMS Public Health, 6(4), 461.

TAJRI, M. (2014). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PRODUK SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI POLSRI). Politeknik Negeri Sriwijaya.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yus, A., & Ray, D. (2017). PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TENTANG BERMAIN DAN BELAJAR ANAK USIA DINI.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Mastuinda, M., Zulkifli, Z., & Febrialismanto, F. (2020). PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD SE- KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.868

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>