HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SE-KOTA PEKANBARU

Authors

  • Repsi Mei Atalia Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.866

Keywords:

Kesejahteraan Psikologis, Adversity Quotient, Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebuthan khusus. Jenis penelitian ini adalah bersifat korelasi. Popolasi penelitian ini adalah Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Di TK Se-Kota Pekanbaru. Sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebutuhan khusus di TK se-Kota Pekanbaru dengan arah hubungan yang positif. Persentase pengaruh kesejahteraan psikologis terhadap adversity quotient orang tua adalah sebesar 25,2%, sedangan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Author Biographies

Repsi Mei Atalia, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Daviq Chairilsyah, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Amalina Mafazi, 2016. Hubungan Antara Efikasi Guru dengan Kesejahteraan Psikologis pada Guru.

Universitas Negeri Jakarta

BunayyaNur Amna. (2015). Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Kesejahteraan Psikologis. Skripsi.

Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Devi Risma & Nurlita. (2015). Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kinerja Guru PAUD

SeKota Pekanbaru. EDUCHILD.Pekanbaru.Vol. 4 No. 2 Tahun 2015.

Devi Risma. (2016). Pemetaan Adversity Quotient Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.EDUCHILD. Vol. 5 No. 2 Tahun 2016.

Destriya Andriani, (2019) Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Resiliensi Guru Paud Di

Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. JOM Fkip – Ur Volume 6 Edisi 1 Januari – Juni 2019 2

Jumi Yanti, (2018) Hubungan Psychological Well-Being Dengan Kinerja Guru Tk Di Kecamatan

Tambang Kabupaten Kampar Jom Fkip – Ur Volume 5 Edisi 2 Juli – Desember 2018

. Rini Fitriani. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi Dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Fakultas Hukum, Universitas Samudra, Meurandeh, Langsa-Aceh.Vol.11 No.2 Tahun

Syafhendry,dkk. (2017). Psychological Well-Being Of Riau Malay Woman Working Across Different

Organizations.International Journal Of Control Theory and Apllications.Vol 10. Number 35. 140-145.

Yayuk Firdaus, 2016. Studi Deskriptif Peran Guru Pendidik Khusu dalam Implementasi Program

Kebutuhan Khusus bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Wonokusumo, Unisa Press

Zainuddin, 2011. Pentingnya Adversity Quotient Dalam Meraih Prestasi Belajar. Vol 26, No 2 (2011)

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Atalia, R. M., Chairilsyah, D., & Febrialismanto, F. (2020). HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SE-KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 77–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.866

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>