PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN SOSIOKULTURAL DI SMA KOTA PADANG

Authors

  • Monica Tiara Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.487

Keywords:

Pendidikan Karakter, Wawasan Sosiokultural, Pembelajaran, PPKn

Abstract

Implementasi pendidikan karakter berwawasan sosiokultural di SMA Kota Padang. Oleh karena itu, artikel ini difokuskan dalam mengkaji pendidikan karakter berwawasan sosiokultural melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe kualitatif deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data di peroleh dari hasil observasi, wawancara, FGD (focus group discussion) dan studi dokumentasi dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Milles dan Hubbermen. Hasil temuan menunjukkan bahwa realitas sosial sekolah khususnya ruang kelas merupakan miniatur Indonesia yang didiami oleh siswa beragam etnis dengan berbagai budaya dan kepercayaan. Kondisi ini menempatkan sekolah dan ruang kelas rentan mengalami konflik sosial antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru serta guru dengan guru meskipun tidak sampai pada tahap konflik terbuka yang bersifat anarkis. Maka hasil temuan menunjukkan upaya untuk mencegah hal tersebut dilakukan melalui pendidikan karakter berwawasan sosiokultural melalui pembelajaran PPKn yang aktif dengan muatan budaya dan karakter bangsa. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter berwawasan sosiokultural tidak hanya memberikan pengenalan kepada siswa terkait realitas kondisi sosiokultural Indonesia tetapi juga mengarahkan siswa untuk dapat hidup berdampingan dan mewujudkan sikap saling memahami, menghormati dan menghargai suatu perbedaan terutama menyangkut perbedaan sosiokultural.

References

Aeni, A.N. (2009). “Pendidikan Nilai di SD Tanggung Jawab Seluruh Bidang Studiâ€. Makalah pada Konferensi Pendidikan Dasar (Kopendas) 1 Tingkat Internasional 10-11 Oktober 2009, Sumedang.

Bachri, B.S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 10 Nomor 1, April 2010:46-62

Charbonneau, M.P, dan Reider, B.E. 1995. The Integrated Elementary Classroom: A Developmental Model of Education for the 21st Century.

Boston: Allyn & BaconCondon, E. c. 1973. Introduction to Cross Cultural Communication.

New Brunswick, NJ: Rutgers University Press.Dali Gulo, (1982). Kamus Psikologi. Bandung: Tonis.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Dasim Budimansyah, (2010). Penguatan Pendidikan Karakter Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Illinois: IRI/Skylight Pub, Inc.Furqon Hidayatullah, (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ghony dan Almanshur. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hermawan Kertajaya, (2010). Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama Kamisa, (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our School Can TeachRespect and Responsibility. Bantam Books, New YorkSlamet I.S.(1981). Pembinaan Watak Utama Pendidikan. Jakarta: UI Press.

Muhajir , Nandri Sugiarti. 2019. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Prodi PPKn Unismuh Makassar, 4 (1).

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sumantri, E. (2010). Pendidikan Karakter Harapan Handal Bagi Masa Depan Pendidikan Bangsa. Kuliah Umum Prodi Pendidikan Umum SPs UPI

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).

Suardi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Prodi PPKn Unismuh Makassar, 3(2).

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Tiara, M., & Yarni, N. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN SOSIOKULTURAL DI SMA KOTA PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 297–302. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.487