PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DIAN ANDALAS PADANG

Authors

  • Malim Soleh Rambe Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Keywords:

Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada Jurusan IPA SMA Dian Andalas Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 135 orang dan sampel berjumlah 110 orang yang ditentukan dengan teknik proportionate stratisfied random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan sederhana dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap prestasi belajar. Kedua, terdapat pengaruh signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar. Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar. Kelima, hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa sebesar 33,8%. Sumbangan relatif masing- masing terhadap prestasi belajar, yakni: gaya belajar visual 27,4%, gaya belajar auditorial 23,2%, dan gaya belajar kinestetik 27,2%.

Author Biographies

Malim Soleh Rambe, Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Nevi Yarni, Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

References

Ahmadi, H, A. dan Supriyono W. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

DePorter, B. & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning. Edisi Revisi. Bandung: Kaifa.

Hamalih, O.H. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hasrul. 2009. “Pemahaman Tentang Gaya Belajarâ€. Jurnal Medtek, 1(2), Oktober 2009.

Kartono, K. 1996. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Mulyono, W.A. Purwandari H., dan Permana, R.H. 2007. “Pengaruh Pelatihan Gaya Belajar Terhadap Peningkatan Indeks Prestasi Mahasiswaâ€. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 2(3) November 2007.

Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Suan, E.B. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa SMP pada Panti Asuhan di Kota Kupang pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013â€. Tesis. Program Pascasarjana Undana.

Tanta. 2010. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah

Biologi Umum Program Studi Biologi Universitas Cendrawasihâ€. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), September 2010.

Ula, S.S. 2013. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogya- karta: Ar Ruzz Media.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DIAN ANDALAS PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486