Analisa Faktor Kemiskinan Warga Kampung Ujung Cipinang Besar Selatan (Manusia Kuburan) Jakarta Timur

Authors

  • Nini Adelina Tanamal Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4745

Keywords:

Kemiskinan, Masalah, Kebijakan, Jakarta.

Abstract

Kemiskinan adalah masalah multidimensial karena berkaitan dengan masalah ketidakmampuan akses secara ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan partisipasi dalam masyarakat. Bentuk kemiskinan yang ada di Jakarta serta berbagai ragam faktor penyebabnya, tentunya sangat mempengaruhi rumusan kebijakan yang dibuat. Berbagai kebijakan dan program yang ada masih dirasakan kurang efektif dalam upaya menurunkan jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan, hal ini dibuktikan secara antitesis dengan adanya kecenderungan peningkatan jumlah penduduk miskin dari masa ke masa. Tentunya rumusan kebijakan dan program perlu dibenahi dan dilakukan kebijakan sesuai dengan pentahapan. Pembangunan suatu negara bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan, tetapi realita kehidupan di jakarta masih ditemukan warga yang miskin, salah satunya warga kampung ujung (manusia kuburan). Penelitian ini mengambil kota Jakarta khususnya daerah Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur, dengan laporan kemiskinan tiga tahun terakhir.   Kata Kunci: Kemiskinan, Masalah, Kebijakan, Jakarta

References

Abdurahman, A. I., & Aulia, R. (2019). Fenomena Mikro-Selebriti Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Video Viral Akun@ Helenjunet Tanggal 22 Maret 2019 Pada Pengguna Instagram). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 1–14.

Adams Jr, R. H. (2004). Economic growth, inequality and poverty: estimating the growth elasticity of poverty. World Development, 32(12), 1989–2014.

Hartono, A. (1997). Arnicun. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: metode penelitian komunikasi: konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Widya Padjadjaran.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Tanamal, N. A. (2022). Analisa Faktor Kemiskinan Warga Kampung Ujung Cipinang Besar Selatan (Manusia Kuburan) Jakarta Timur . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 89–97. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4745