KONSEP "SHEMA" DALAM ULANGAN 6:4-5 DIINTEGRASIKAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Authors

  • Nini Adelina Tanamal Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18138

Keywords:

Integrasi, Konsep

Abstract

Integrasi konsep "Shema" dari Ulangan 6:4-5 dalam kurikulum pendidikan Agama Kristen adalah upaya untuk memperkaya pemahaman dan penghayatan siswa terhadap ajaran agama serta mengarahkan mereka pada penerapan nilai-nilai iman dalam kehidupan sehari-hari. Konsep ini menekankan keesaan Allah dan panggilan untuk mengasihi-Nya dengan sepenuh hati, jiwa, dan kekuatan. Melalui pendekatan yang terstruktur, siswa diajarkan untuk memahami keesaan Allah sebagai dasar iman Kristen, menyelami arti sejati dari mengasihi Allah dengan sepenuh hati, menghubungkan cinta kepada Allah dengan kasih terhadap sesama manusia, mengembangkan semangat pengabdian dan pelayanan dalam kehidupan, menerapkan praktik spiritual yang konsisten dalam rutinitas sehari-hari, menghadapi tantangan dunia modern dengan integritas moral. Integrasi konsep "Shema" melibatkan pemahaman teologis, nilai-nilai etika Kristen, dan penerapan praktis. Hal ini membekali siswa dengan landasan yang kuat untuk membentuk karakter, menjalani hidup bermakna, dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Dalam era yang penuh kompleksitas, hasil pembelajaran ini menjadi panduan dalam menghadapi perubahan dengan keyakinan dan kasih yang dalam.

References

Alkitab SABDA. "Matius 22:37 - T. (n.d.). [Online] Tersedia Di: Https://Alkitab.Sabda.Org/Commentary.Php?Book=40&chapter=22&verse=37.

Bimas Kristen. (n.d.). Bimas Kristen. “Buku Pengetahuan Alkitab SMPTK kelas VII.” [PDF] Tersedia di: http://bimaskristen.kemenag.go.id/downlot.php?file=927+PA+BG+14+JUN+2022.pdf.

Eliasaputra, M. P., Novalina, M., & Siahaan, R. J. (2020). Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 1–22.

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130.

Harvijanto, A. (2023). Tanggung Jawab Keluarga Sebagai Pusat Pendidikan Rohani: Analisis Ulangan 6: 4-9. Suara Injili: Kumpulan Esai Teologis, 48.

Lahagu, A. (2020). Menyikapi Tantangan dan Harapan Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk.

Pijar Pemikiran. (n.d.). "Pemahaman Tentang “Shema” Sebagai Landasan Pendidikan Ketuhanan & Moral Kristiani. Blogspot.Com/2011/02/Pemahaman-Tentang-Shema-Sebagai.Html?M=1.

Situmorang, K. (2019). Teologi dan Spiritualitas Kristen: Kembali Kepada Kesejatian “Imitatio Christo.” Jurnal Teologi Rahmat, 5(1).

Tafonao, T., Gulo, Y., Situmeang, T. M., & Ditakristi, A. H. V. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai-nilai Kristen pada Anak Usia Dini di era teknologi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4847–4859.

Wibowo, G., & Andrianikus, T. (2021). Konsep Alkitab (Ulangan 6: 4-9) tentang Pendidikan Agama Kristen anak. Voice, 1(1), 55–64.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Tanamal , N. A. . (2023). KONSEP "SHEMA" DALAM ULANGAN 6:4-5 DIINTEGRASIKAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 334–338. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18138