PERANAN GURU PEDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DAN SMK

Authors

  • Nini Adelina Tanamal Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24940

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Guru Pendidikan Agama, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan fokus pada integrasi nilai-nilai agama Kristen dalam kurikulum, penelitian ini bertujuan untuk memahami kontribusi pendidikan agama Kristen terhadap pembentukan karakter, disiplin siswa, dan kinerja akademis. Metodologi penelitian melibatkan tinjauan literatur komprehensif, analisis data kualitatif, dan studi kasus di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Kristen memiliki peran sentral dalam membentuk karakter siswa, memainkan peran teladan yang berdampak positif pada internalisasi nilai-nilai agama Kristen. Integrasi nilai-nilai agama Kristen dalam kurikulum tidak hanya memberikan kontribusi terhadap tingkat disiplin siswa tetapi juga terkait erat dengan peningkatan prestasi akademis. Tantangan yang dihadapi guru, seperti perbedaan keyakinan siswa, memunculkan kebutuhan akan strategi pengajaran inklusif. Kesimpulan penelitian ini memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih mendukung, menekankan pentingnya peran guru pendidikan agama Kristen dalam mencapai tujuan pendidikan karakter. Implikasi temuan penelitian ini dapat membimbing praktisi pendidikan, sekolah, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA dan SMK melalui pendidikan agama Kristen yang berkualitas.

References

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57.

Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, ISSN, 2621–8151.

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500.

Gule, Y. (2021). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 89–104.

Hesti, F. (2021). PERANAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN IMAN ANAK.

Lahagu, A. (2020). Menyikapi Tantangan dan Harapan Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk.

Lahagu, O. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Sekolah Menengah Pertama. OSF Preprints.

Laubila, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Perilaku Siswa-Siswi Di Sekolah.

Napitupulu, T. N., & Deak, V. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Moral Remaja. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 627–640.

Nurjaman, U. (2017). Implikasi UU Sisdiknas Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 7(1), 52–60.

Pasaribu, A. G. P. (2022). Tantangan serta Hambatan yang dihadapi Dunia Pendidikan Kristen di Masa Lalu, Sekarang dan pada Perspektif Masa Depan; Baik di Keluarga, Gereja, serta Sekolah. FOCUS, 3(2), 146–152.

Ramadhan, S. A., & Hartati, Z. (2023). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA BAGI MADRASAH DULU-SEKARANG:(SKB 3 Menteri Tahun 1975, UUSPN No. 2 Tahun 1989 dan UU. No. 16 Tahun 2001). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(4), 194–205.

Ratag, A. R. (2021). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. APOLONIUS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 95–106.

Setyawan, D. (2017). Implementasi Pendidikan agama di sekolah dan solusinya. Diakses Tanggal, 9.

Supartini, T. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perkembangan Moral Siswa Kelas 5 Di Sekolah Dasar Inpres Pante Deere Kabupaten Alor. Repository Skripsi Online, 1(2), 87–93.

Tafonao, T., & Ristiono, Y. (2020). Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4, 9. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.459

Telaumbanua, A. (2018a). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.

Telaumbanua, A. (2018b). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.

Thoyyibah, D., Choirin Attalina, S. N., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 516–522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4347

Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 98–112.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Tanamal, N. A. . . (2024). PERANAN GURU PEDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DAN SMK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1057–1063. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24940