TRANSFORMASI PENDIDIKAN VOKASI MELALUI EKONOMI SIRKULAR, TEKNOLOGI DIGITAL, DAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI

Authors

  • Sitti Nur Alam Universitas Yapis Papua
  • Syahrul Syahrul Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muh Akbar Saputra Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38130

Keywords:

TVET, Ekonomi Sirkular, Perangkat Lunak Sumber Terbuka (OSS), Penilaian Berbasis Kelas (CBA), Kolaborasi Pendidikan-Industri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi konsep ekonomi sirkular, teknologi digital melalui perangkat lunak sumber terbuka (OSS), dan penilaian berbasis kelas (CBA) dalam pendidikan teknis dan vokasional (TVET). Pendekatan kualitatif digunakan dengan desain studi kasus pada institusi TVET yang telah menjalin kolaborasi aktif dengan sektor industri. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan metode tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi pendidikan-industri berperan signifikan dalam menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, meskipun sering terhambat oleh orientasi industri pada kebutuhan jangka pendek. Implementasi OSS dalam pembelajaran berhasil meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi biaya, namun tantangan teknis, seperti kurangnya pelatihan pendidik, tetap menjadi kendala utama. Sementara itu, CBA terbukti efektif dalam mengevaluasi keterampilan siswa secara holistik, tetapi memerlukan dukungan institusional dalam bentuk waktu dan sumber daya tambahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan integrasi konsep-konsep tersebut memerlukan pendekatan holistik, kebijakan yang mendukung, dan penguatan kolaborasi dengan industri. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan kebijakan pendidikan vokasi yang lebih adaptif terhadap perubahan kebutuhan pasar tenaga kerja serta mendukung keberlanjutan pendidikan melalui penerapan teknologi digital dan konsep ekonomi sirkular.

References

Cai, J., & Kosaka, M. (2024). Conceptualizing Technical and Vocational Education and Training as a Service Through Service-Dominant Logic. SAGE Open, 14(2). https://doi.org/10.1177/21582440241240847

de Dios Oyarzún, J., & Ramos Arellano, M. (2024). Schools and industries producing educational-labor paths in secondary TVET in Chile: Who sets the skills agenda? International Journal of Educational Development, 111. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2024.103149

Hamid, N. A., Rasul, M. S., & Kamaruzaman, F. M. (2024). Circular Economy and Sustainable Technology in Technical and Vocational Education and Training: A Bibliometric Analysis. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(9), 141–160. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.9.8

Hussein, S. S., Ramly, N., Wan Ahmad, W. A. Z., Ridzuan, M. I. A. M., Salehen, P. M. W., & Dang, D. (2024). Achieving Sustainable Digital Transformation in TVET Institutions through Enterprise Architecture. Journal of Technical Education and Training, 16(2), 51–62. https://doi.org/10.30880/JTET.2024.16.02.005

Omar, M., & Kamaruzaman, F. M. (2024). Technical and vocational education training and industry collaboration: a bibliometric review. Journal of Education and Learning, 18(4), 1582–1592. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21120

Selane, C., & Odeku, K. O. (2024). An Analysis of How TVET is Playing a Significant Role in Fostering Students’ Skills and Competencies in South Africa. Journal of Educational and Social Research, 14(3), 293–305. https://doi.org/10.36941/jesr-2024-0074

Xin, Y., Tang, Y., & Mou, X. (2024). An empirical study on the evaluation and influencing factors of digital competence of Chinese teachers for TVET. PLOS ONE, 19(9), e0310187. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0310187

Yusoff, A. M., Salam, S., Mohamad, S. N. M., Lip, R., Pudjoatmodjo, B., Rahmalan, H., & Mazlan, A. (2024). Conceptual design model of engaging gamification mechanic for online courses. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 13(5), 3481–3492. https://doi.org/10.11591/eei.v13i5.7261

Yusop, S. R. M., Rasul, M. S., & Yasin, R. M. (2024). Challenges, strengths, and relevance of integrating classroom-based assessment in technical and vocational education training. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(4), 2440–2449. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.27900

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Alam , S. N. ., Syahrul, S., & Saputra, A. M. A. . (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN VOKASI MELALUI EKONOMI SIRKULAR, TEKNOLOGI DIGITAL, DAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16666–16670. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38130

Most read articles by the same author(s)