PERAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN DI PASAR GLOBAL

Authors

  • Much Al khaqqoh Istifa Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34993

Keywords:

Inovasi Produk, Daya Saing, Pasar Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran inovasi produk dalam meningkatkan daya saing perusahaan di pasar global. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk mampu beradaptasi dan menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen yang dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber akademik dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk tidak hanya menciptakan nilai tambah bagi konsumen, tetapi juga membantu perusahaan membedakan diri dari kompetitor. Selain itu, teknologi berfungsi sebagai pendorong utama dalam proses inovasi, memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif terhadap perubahan pasar. Namun, tantangan dalam penerapan inovasi tetap ada, seperti kendala sumber daya dan budaya organisasi yang kurang mendukung. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan mengembangkan budaya inovasi yang kuat dan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan daya saing. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar global dan preferensi konsumen, perusahaan dapat merancang strategi inovasi yang lebih efektif dan relevan.

References

Afifah, N., Pringgabayu, D., & Arfiansyah, F. (2023). Kinerja Perusahaan Batik Trusmi Cirebon Dalam Kaitannya Dengan Inovasi Produk dan Pemasaran. Income Journal: Accounting, Management and Economic Research, 2(1), 71–82.

Andriana, M. (2018). Peran E-Commerce dan Cloud Computing Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 1–8.

Anjani, R. M. (2023). Analisis Sistem Cycle Selling Skill dalam Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Syariah pada Perusahaan (PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Hidayat, D. S., & Kusumastuti, A. E. (2019). Penjualan Adaptif Sebagai Pemediasi Kinerja Tenaga Penjualan Perusahaan Asuransi Di Jawa Tengah. Tirtayasa Ekonomika, 14(2), 247–266.

Kertocahyono, A. E., Ginting, H., Kurata, J., Dermauli, R., & Sihaloho, S. C. (2021). HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PENJUALAN DAN KINERJA TENAGA PENJUAL DI PERUSAHAAN CAT INDONESIA. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik (JMIL), 4(2), 84–101.

Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaf. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(2), 143–151.

Pasaribu, M. Y., Fathin, R. A., Hasan, S. A., Nurwulandari, A. T., Efiani, E., Jumawan, J., & Soesanto, E. (2024). PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENDORONG INOVASI PRODUK DAN DAYA SAING PADA BISNIS INTERNASIONAL DI ERA INDUSTRI 5.0. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(7), 248–254.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyudi, I., Enas, E., & Setiawan, I. (2023). Penerapan Just In Time Dalam Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Produksi (Suatu Studi Pada PT Albasi Priangan Lestari Kota Banjar). Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(5), 292–303.

Winarno, A., & Hartanti, J. (2023). Analisis Kemandirian Usaha Mahasiswa dengan Pemanfaatan Teknologi Digital, Inovasi Produk dan Minat Wirausaha. Wahana, 75(2), 87–97.

Chesbrough, H. (2003). Open Innovation: The New Imperative for Creating and Profiting from Technology. Harvard Business Review Press.

Christensen, C. M. (1997). The Innovator's Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Harvard Business Review Press.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.

Tidd, J., & Bessant, J. (2014). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. Wiley.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Prahalad, C. K., & Hamel, G. (1990). The Core Competence of the Corporation. Harvard Business Review, 68(3), 79-91.

Utterback, J. M., & Abernathy, W. J. (1975). A Theory of Technology Change in Manufacturing Industry. Technology Review, 80(6), 40-47.

Tidd, J., & Bessant, J. (2014). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. Wiley.

OECD. (2015). Innovation Policy and Performance: A Cross-Country Comparison. OECD Publishing.

Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle. Harvard University Press.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Istifa, M. A. khaqqoh . (2024). PERAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN DI PASAR GLOBAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 13760–13765. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34993

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.