ISU-ISU GLOBAL PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DAN PEMAGANGAN LIFE SKILL WORLD CLASS EDUCATION

Authors

  • Isropil Siregar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mukhtar Mukhtar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mahmud MY Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rita Sahara Munte Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34247

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pemagangan Life Skill World Class Education.

Abstract

Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, pendidikan bertaraf internasional dihadapkan pada kebutuhan untuk mengembangkan kurikulum yang tidak hanya relevan dengan tuntutan lokal, tetapi juga mampu menjawab tantangan global. Kurikulum Merdeka, sebagai inovasi pendidikan di Indonesia, menawarkan fleksibilitas dan kemandirian bagi institusi pendidikan untuk merancang program pembelajaran yang adaptif. Namun, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kancah pendidikan bertaraf internasional, muncul berbagai isu global yang mempengaruhi pengembangannya, seperti dinamika pasar kerja global, revolusi industri 4.0, perubahan iklim, serta ketimpangan sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isu-isu global yang memengaruhi pengembangan Kurikulum Merdeka dan mengkaji bagaimana pemagangan yang berfokus pada keterampilan hidup (life skill) dapat diintegrasikan secara efektif dalam kerangka pendidikan dunia. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa isu-isu seperti digitalisasi, keberlanjutan, dan keterampilan merupakan tantangan utama yang harus dihadapi dalam pengembangan kurikulum modern. Penelitian inia menyoroti pentingnya pemagangan keterampilan hidup yang tidak hanya mempersiapkan siswa untuk dunia kerja tetapi juga membentuk kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan perubahan yang cepat dan kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi Kurikulum Merdeka dalam pendidikan bertaraf internasional bergantung pada kemampuan institusi pendidikan untuk mengadopsi pendekatan yang holistik dan kontekstual. Pemagangan keterampilan hidup harus dirancang untuk membekali peserta didik dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk berperan aktif dalam masyarakat global, seperti pemecahan masalah yang kreatif, kerja sama lintas budaya, dan kemampuan berpikir kritis. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam merancang strategi pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif secara global dan siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Amanulloh, Mochammad Ja’far Amri, and Nur Fathiya Warda Wasila. 2024. “Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 4(1):33–58.

Amir Husen, Umar Natuna, M. Ridho Hidayat, Zalisman, Wismanto. 2023. “Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas ‘Guru Profesional’ Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Disrupsi.” 12:241–51.

Azima, Nur, Gustina Kusuma Dewi, Siska Amalia, Inevsha Cornellya, and Wismanto Wismanto. 2024. “Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar.” 1(2).

Bungsu, Rajo, Mukhtar Latiff, and Kasful Anwar. 2021. “Isu Global Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan Islam Studi Pada Lembaga Pendidikan ‘IIBS’ Malang Jawa Timur.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(10):2139–48.

Dewi, Suryani. 2023a. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(2):204–15.

Dewi, Suryani. 2023b. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(2):204–15. doi: 10.53624/ptk.v3i2.177.

Hawwin Muzakki. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 4(2):165–84. doi: 10.21154/sajiem.v4i2.208.

Hidayat, Rahmat, S. Ag, and M. Pd. n.d. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Husin, Amir, Asmarika Asmarika, Yona Fitri, Syukri Syukri, and Isropil Siregar. 2023. “Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pendidikan Islam Berbasis Kisah-Kisah Dalam Al-Quran Di Era Disrupsi.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9(2):194–205. doi: 10.46963/mpgmi.v9i2.1134.

Ista, Akram, Andi Muh. Taqiyuddin BN, Mukhtar Lutfi, and Misbahuddin. 2023. “Prinsip Kejujuran Dalam Usaha.” Business and Investment Review 1(5):94–102. doi: 10.61292/birev.v1i5.51.

Jokowi, Presiden, and Minta Mentan. 2023. “Implementasi MBKM Di IPB Dalam Mendukung Terciptanya Lulusan Yang Sesuai Dengan Perkembangan Jaman, Tuntutan Dunia Usaha Dan Industri.”

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):131–46. doi: 10.54396/alfahim.v3i2.183.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul.” 11:204–26.

Kristanti, Y., S. Subiki, and R. Handayani. 2016. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA.” Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember 5(2):116319.

Mei, No, Aulia Tri Oktaviani, Fika Amelia, Isti Safitri Khasanah, Muhammad Ibnu Haekal, and Wismanto Wismanto. 2024. “Motivation Among Student In Islamic Elementary School Pada Pengembangan Media Audio Visual Untuk Berpartisipasi Dan Mencapai Tujuan Pembelajaran . Tugas Guru Adalah Menanamkan.” 2(3).

Munte, Rita Sahara, Kasful Anwar, and Isropil Siregar. 2024. “INOVASI GURU MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM.” 7:8900–8908.

Munte, Rita Sahara, Abdul Halim, Isropil Siregar, Peta Jalan, Pendidikan Nasional, and Pendidikan Islam. 2025. “ANALISIS KEBIJAKAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM MENUJU 2035.” 7:9503–11.

Munte, Rita Sahara, Risnita, M. Syahran Jailani, and Isropil Siregar. 2024. “Analisis Dokumenter Praktisi Pendidikan Islam: Pendekatan Eksperimen Dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif Dan Design Korelasional).” 8:4371.

Murjani, M., I. Wasliman, and E. Dianawati. 2023. “Implementasi Pembelajaran Life Skills Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa.” 8(1):45–51.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Ningsih, Nuning Setia, Kemas Imron Rosadi, and Mahmud My. 2023. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi.” 06(01):5175–82.

Pebrianti, Febby, wismanto dkk. 2019. “Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 4(2):93–98.

Rasyid, Akhmad Hafizh Ainur, Bellina Yunitasari, I. Wayan Susila, Dewanto Dewanto, Yunus Yunus, and Dany Iman Santoso. 2022. “Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Obe.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 7(1):8–17. doi: 10.26740/jp.v7n1.p8-17.

Retnoasih, Agustina, and Purwanto Purwanto. 2024. “Peran Filsafat Ilmu Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Indonesia Perkembangan Pendidikan Saat Ini Begitu Masiv Dengan Banyaknya Perkembangan Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Ditambah Dengan Adanya Loss Learning Dampak Dari Pandemi Covid Pa.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa 2(1):150–66.

Setiono, Setiono, Sistiana Windyariani, and Aa Juhanda. 2023. “Implementasi Sistem Penilaian Berbasis Oucome Based Education Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan 11(1):1–9. doi: 10.36232/pendidikan.v11i1.2617.

Siregar, Isropil, Mukhtar, Kasful Anwar, MY Mahmud, and Rita Sahara Munte. 2024. “Dampak Transformasi Digital Terhadap Prestasi Kerja Dan Keunggulan Bersaing Di Sekolah Berbasis Islam Terpadu.” Jurnal Revier Pendidikan Dan Pengajaran 7(3):8644–55.

Siregar, Isropil, and Romiyanti Romiyanti. 2023. “Manajemen Perubahan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi’i Kota Batam.” TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management 2(1):66–81. doi: 10.61456/tjiec.v2i1.85.

Sukoco, Badri Munir, Akhmaloka, Soetjipto Budi Widjaja. 2023. Strategi Peningkatan Kualitas Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia.

Supriyadi, Dwi Yulianti, and Bambang Riyadi. 2018. Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Ditinjau Dari Teori Belajar.

Suryaman, M. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” 13–28.

Wahyudin, Dinn, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, Maisura LeliAlhapip, Lukman Solihin Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, Nur Berlian Venus Ali, and Fransisca Nur’aini Krisna. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.” Kemendikbud 1–143.

Wismanto, Agus Salim, Afdal, Deprizon, Aulia Fitri. n.d. “Peran Manejemen Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan Di Era Disrupsi.” 4(3):1290–97.

Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai 2(1):85–94.

www.ipb.ac.id. 2023. “RENCANA STRATEGIS PERUBAHAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2019 - 2023.”

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Siregar, I. ., Mukhtar, M., Anwar, K. ., MY, M. ., & Munte, R. S. . (2024). ISU-ISU GLOBAL PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DAN PEMAGANGAN LIFE SKILL WORLD CLASS EDUCATION. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12887–12895. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34247