INOVASI GURU MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30561Keywords:
Inovasi guru, Transformasi Digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak transformasi digital terhadap inovasi guru di sekolah berbasis Islam terpadu. Transformasi digital dalam pendidikan mencakup kecapakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Sekolah berbasis Islam terpadu, yang mengintegrasikan kurikulum umum dan nilai-nilai Islami, menghadapi tantangan unik dalam mengadopsi teknologi digital tanpa mengorbankan identitas keislaman mereka. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Direktur II Bidang Akademik dan SDM dan siswa di beberapa sekolah Islam terpadu yang telah menerapkan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital memberikan dampak positif signifikan terhadap inovasi guru dalam pembelajaran di sekolah SD Al-Fityan School Tangerang. Guru melaporkan peningkatan dalam kreativitas dan efisiensi pengajaran. Penggunaan teknologi digital dalam penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, seperti e-learning, aplikasi Microsoft Stream, H5P dan penggunaan aplikasi pendidikan berbasis Islami. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa transformasi digital dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan inovasi pembelajaran.References
Amir Husen, Umar Natuna, M. Ridho Hidayat, Zalisman, Wismanto. 2023. “Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas ‘Guru Profesional’ Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Disrupsi.” 12:241–51.
Asnik Khuroidah, and Binti Maunah. “Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Meningkatkan Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing) Pada Lembaga Pendidikan Islam (LPI).” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 4, no. 2 (2022): 156–67.
Azima, Nur, Gustina Kusuma Dewi, Siska Amalia, Inevsha Cornellya, and Wismanto Wismanto. 2024. “Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar.” 1(2).
Azizah, Istiqomah Nurul, Zahwa Putri Naila, Maya Wulan Sari, Zaida Wismanto, Elbina Saidah, Rusli Ibrahim, and Agus Salim. 2024. “Membenahi Pergaulan Remaja Di Era Disrupsi Melalui Pendidikan Fikih Universitas Muhammadiyah Riau.” (3).
Branch., Alberta. Curriculum. n.d. ENTERPRISE AND INNOVATION.
Dewanda, Alexa Ayu, Chadiza Azzahra Lubis, Hanestesia Zahara, and Wismanto Putri, Resya Eka. 2024. “Analisis Kaidah Metode Pembelajaran Al- Qur ’ an Dalam Pendidikan Islam.” 2(3).
Eddy Khairuddin, “Supervisi Akademik, Motivation, Willingness, Commitment Dan Kinerja Guru,” Lentera: Jurnal Pendidikan (2017).
Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5(3):9710–17.
Frasetia, Nisya, Faarah Salsabila, Wismanto, Azizah Abi Jasmine, and Rika Aprilia. 2024. “Analisis Konsep Dasar Media Pembelajaran Pada Sekolah Dasar.” 3(2).
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” 4(6):1734–10351.
Hamzah, Tri Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, and Rieskha Tri Adilah. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 06(01):4652–63.
Hawa, Siti. 2023. “PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PIDIE JAYA (KAJIAN TERHADAP PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN).”
Husin, Amir, Asmarika Asmarika, Yona Fitri, Syukri Syukri, and Isropil Siregar. 2023. “Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pendidikan Islam Berbasis Kisah-Kisah Dalam Al-Quran Di Era Disrupsi.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9(2):194–205. doi: 10.46963/mpgmi.v9i2.1134.
Isnaini, Lailatul. 2020. “Strategi Kepemimpinan Abad 21: Visioner, Kreatif, Inovatif, Dan Cerdas Emosi.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):162–82. doi: 10.15548/p-prokurasi.v1i2.1845.
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. n.d. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam.” 4(3):1162–68.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):131–46. doi: 10.54396/alfahim.v3i2.183.
Jurnal, Cendekia, Ilmu Sosial, Bahasa Pendidikan, No Mei, Lannuria Lannuria, Junita Karinah, Miftahul Jannah, Nurul Aini, Pahrudin Pahrudin, and Wismanto Wismanto. 2024. “Analisis Penyusunan Program Pembelajaran Tahunan Berdasarkan Tinjauan Distribusi Dan Kompetensi Dasar Penyusunan Prota Guru Merupakan Sentral Dalam Terselenggaranya Pendidikan Di Sekolah Karena Selama Satu Tahun Akademik Untuk Mencapai Tujuan Yang Telah D.” 4(2).
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul.” 11:204–26.
Marsya Alfarin , Royhana Safitri, Wan Elnayla Azzahra Reza, Wismanto, Layli Sartika. 2024. “Analisis Bentuk Akhlak Siswa Yang Mulia Kepada Guru Dalam Prespektif Hadits.” 2(3).
Martanti, Fitria. 2018. “Metode Struktural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Anak Disleksia.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(1):17–28. doi: 10.14421/al-bidayah.v10i1.127.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. 2022. “STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU.” 11:204–26.
Mei, No, Aulia Tri Oktaviani, Fika Amelia, Isti Safitri Khasanah, Muhammad Ibnu Haekal, and Wismanto Wismanto. 2024. “Motivation Among Student In Islamic Elementary School Pada Pengembangan Media Audio Visual Untuk Berpartisipasi Dan Mencapai Tujuan Pembelajaran . Tugas Guru Adalah Menanamkan.” 2(3).
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.
Nabila, Andini, Bimo Utomo Putro, Dela Yulianti, and Wismanto Fauzan, M Aditya. 2024. “Riwayat Hidup Nabi Muhammad S . A . W.” 2(1).
Nahwiyah, Sopiatun, A. Mualif, Rita Haironi, Ikrima Mailani, and Wismanto Wismanto. 2023. “Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau.” Journal on Education 5(3):9573–83. doi: 10.31004/joe.v5i3.1830.
Ningsih, Nuning Setia Rosadi, and Kemas Imron My, Mahmud, “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi”.Jurnal Pendidikan 06, No. 01, ( 2023): 5175-5182 Website: http://jonedu.org/index.php/joe
Noviyanti, Rani. 2021. “PENINGKATAN KEINOVATIFAN GURU MELALUI PENGUATAN MOTIVASI BERPRESTASI, KERJASAMA KELOMPOK, DAN IKLIM ORGANISASI Penelitian Analisis Korelasional Dan Analisis SITOREM Pada Guru SMA Swasta Di Kota Depok.” Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor.
Pebrianti, Febby, wismanto dkk. 2019. “Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 4(2):93–98.
Putri, Imelda Anandiya. 2022. “Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Keinovatifan Guru.” Jurnal Administrasi Pendidikan 19(2):183–92. doi: 10.17509/jap.v29i2.46889.
Ramadhani, Windi Alya, and Wismanto Novita, Nina. 2024. “Analisis Tentang Perspektif Guru Sebagai Pendidik Dalam Tinjauan Al Qur ’ an.” 2(2):1–16.
Ramayani, Winda, and Wismanto Puspita, Sarah. 2024. “Penerapan Kebijakan Pendidikan Inklusi.” 3(2):26–34.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru.” 4(1):1082–88.
Sakban. 2021. “Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madarasah Aliyah Negeri 5 Mandailing Natal Bidang Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Indonesia Journal of Islamic Educational Manajement 4(1):1–6.
Salsabila, Zaza, Vira Eka Putri, Rara Salsabila, and Wismanto Wismanto. 2024. “Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana Pada Sekolah Dasar.” 4(2).
Sartika, Dini Gita, and Wismanto Lestari, Ayu. 2024. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Konteks Menjadi Pendidik Profesional.” (2):30–38.
Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik.” 12:327–37.
Taylor, Andrea Santiago, Felix Hauer, Josephine Hynes, Rilla Mickahail, Bethany K , Effective and Creative Leadership in Diverse Workforces., 2019
Tirmizi, Ahmad, Joni Rokhmat, and Sukardi Sukardi. 2020. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Keinovatifan Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Lombok Barat.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(4). doi: 10.58258/jisip.v4i4.1606.
Umami, Andella, Regina Khairinnisa, Iskar Prayoga, and Wismanto. 2024. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” (2):225–31.
Usmayadi, Dedi Hardhienata, Soewarto Hidayat, and Nandang, “Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan Kompetensi Pedagogik Dan Learning Organization”, Jurnal Manajemen Pendidikan 08, No. 2, (2020), :105 - 109 https://journal.unpak.ac.id/index.php/jmp
Usmayadi, Desi; Hardhienata, Soewarto;, and Nandang Hidayat. 2020. “Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 08(2):105–9.
Wismanto, Agus Salim, Afdal, Deprizon, Aulia Fitri. n.d. “Peran Manejemen Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan Di Era Disrupsi.” 4(3):1290–97.
Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Sahara Munte
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.