PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA

Authors

  • Munfaida Munfaida SDN 1 Kemantren Kabupaten Blora
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang
  • I Made Sudana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34194

Keywords:

Mutu Pendidikan, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 159 guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Uji hipotesis penelitian meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 62,7%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 56,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 57,7%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 64,4%..

References

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media

Depdiknas. 2007. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas

Hasibuan, Malayu S.P, 2015. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara:Jakarta

Kemendiknas. 2003. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 162/U/2003, tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nitisemito, Alex S. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rivai, V, dan Mulyadi, D. 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Sahri

Sowiyah. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi

Stronge, James H. 2013. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif. Terjemahan Siti. Mahyuni. Jakarta: Permata Puri Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Supriyono, RA. 2015. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE – UGM

Susilo. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2016. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf

Usman, Husaini. 2016. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Winardi. 2015. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajamen. Jakarta : Raja. Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Munfaida, M., Abdullah, G. ., & Sudana, I. M. . (2024). PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12751–12756. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34194