PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34194Keywords:
Mutu Pendidikan, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Motivasi KerjaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 159 guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Uji hipotesis penelitian meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 62,7%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 56,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 57,7%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 64,4%..References
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media
Depdiknas. 2007. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas
Hasibuan, Malayu S.P, 2015. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara:Jakarta
Kemendiknas. 2003. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 162/U/2003, tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nitisemito, Alex S. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Rivai, V, dan Mulyadi, D. 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Sahri
Sowiyah. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi
Stronge, James H. 2013. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif. Terjemahan Siti. Mahyuni. Jakarta: Permata Puri Media
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Supriyono, RA. 2015. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE – UGM
Susilo. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2016. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf
Usman, Husaini. 2016. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Winardi. 2015. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajamen. Jakarta : Raja. Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Munfaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.