STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS DALAM MENGELOLA ISU SENSITIF DALAM BISNIS ATAU ORGANISASI

Authors

  • Tono Wartono Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Olivia Tahalele Universitas Pattimura
  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma
  • Juni Iswanto Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Atjih Sukaesih UIN Suska Riau
  • Haris Munandar Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31440

Keywords:

Strategi Komunikasi Krisis, Isu Sensitif, Manajemen Reputasi

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi krisis dalam mengelola isu sensitif dalam bisnis atau organisasi. Krisis dapat mengancam reputasi dan keberlanjutan sebuah entitas, memerlukan respons komunikasi yang tepat dan efektif. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai pendekatan yang telah diterapkan oleh organisasi dalam menghadapi krisis yang sensitif. Temuan utama menyoroti pentingnya transparansi, responsivitas, dan adaptasi terhadap perubahan media sebagai kunci keberhasilan dalam mengelola krisis. Penelitian ini juga menyarankan untuk mengembangkan rencana komunikasi krisis yang komprehensif dan meningkatkan pelatihan bagi tim manajemen krisis dalam menghadapi tantangan yang dapat mempengaruhi reputasi organisasi. Dengan memahami praktik terbaik dalam komunikasi krisis, organisasi dapat membangun kepercayaan publik yang kuat dan meminimalkan dampak negatif dari krisis yang tidak terduga.

References

Akhyar, D., & Pratiwi, A. S. (2019). Media Sosial dan Komunikasi Krisis. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 35–52.

Amalia, Y. R., & Sitompul, P. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANWIL DJKN SULAWESI SELATAN, TENGGARA DAN BARAT TAHUN 2023. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 206–213.

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40.

Haryono, C. G. (2023). Digital Public Relations: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis dalam Kegiatan Public Relations di Era Digital. Prenada Media.

Imran, A. I. (2017). Komunikasi krisis. Deepublish.

Irwanti, M. (2023). MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI (Tinjauan Teoritis dan Praktis).

Irwanto, I., & Cangara, H. (2024). PEMANFAATAN PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM MERESPON KRISIS KOMUNIKASI: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. PLN PADA KASUS PEMADAMAN LISTRIK SULAWESI SELATAN. JURNAL BADATI, 6(1), 180–200.

Khairunnisa, R. (2022). MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS HOTEL NOVITA TERKAIT ISU PENISTAAN AGAMA. ProListik, 7(1).

Manullang, R. A., Togatorop, A., Pasaribu, E. J., & Sitompul, P. (2024). THE INFLUENCE OF WORK COMMITMENT, WORK ENVIRONMENT AND WORK DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT COPDIT CU PARDOMUAN DOLOK SANGGUL. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 29–38.

Maryam, J., Akbar, M., & Sultan, M. I. (2024). Strategi Manajemen Komunikasi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Dalam Meminimalisir Efek Pemberitaan Media. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 112–134.

Muharrohmah, I. A. (2020). Strategi Komunikasi Krisis Hadapi Temuan Paparan Radiasi Dalam Prespektif Public Relation. MEDIA, KOMUNIKASI, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 45.

Nurdiarti, R. P., & Andryani, K. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Sebagai Bentuk Penguatan Hubungan Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 10(3), 209–218.

Purba, V., Azhar, D. A., & Ngare, F. (2019). Krisis Komunikasi Dalam UMKM.

Rahmawati, O. D., Fitria, N., & Mujab, S. (2023). STRATEGI MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS MCDONALD’S INDONESIA YANG TERKENA IMBAS INFORMASI HOAKS FATWA MUI TERKAIT HARAMNYA MEMBELI PRODUK ISRAEL. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(6), 221–226.

Sabini, M. N., & Ganiem, L. M. (2015). Corporate Social Responsibility sebagai Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 346–356.

Sastramayani, S., & Badarwan, B. (2019). Kepemimpinan Krisis dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 25(2), 181–201.

Silitonga, E., Nainggolan, I. S. M., Marbun, P., & Sitompul, P. (2024). THE INFLUENCE OF WORKLOAD AND COMPENSATION ON INTENTION TO MOVE IN NASI TEMPONG INDRA RESTAURANT MEDAN. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 176–184.

Simamora, A. J., Albart, N., Fitri, S. A., & Mulatsih, L. S. (2024). Managerial Ability And Earnings Management: Moderating Role Of Risk-Taking Behavior. Jurnal Akuntansi, 28(2), 357–379.

Sitompul, P., Sihombing, W., Tinambunan, A. P., & Purba, S. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN, PELATIHAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT TUNAS CAHAYA MANDIRI WIDYATAMA MEDAN. KUKIMA: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 131–143.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syam, A. P. (2024). Pengaruh Permohonan Maaf Sebagai Bentuk Komunikasi Krisis Terhadap Reputasi Perusahaan. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(5), 742–753.

Tarigan, I., Harsono, S., Subiantoro, N., & Sitompul, P. (2024). AMBIDEXTERITY CAPABILITIES AND HUMAN CAPITAL IN INDONESIAN TOURISM MSMEs PERFORMANCE. Jurnal Darma Agung, 32(2), 737–752.

Taryana, A. (2023). Peran Humas, Media Digital, dan Manajemen Opini Publik di Pertamina Internasional EP. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 403–414.

Ulya, F. (2016). Implementasi Tugas Public Relations Dalam Menjaga Customer Relationship Management (CRM) Dalam Manajemen Penjualan.

Wahono, S. (2020). Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk Dalam Manajemen Isu Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–12.

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). KINERJA DOSEN DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA ‘MMTC’YOGYAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Wahyuanto, E., Mintarti, A., Heriyanto, H., Hastuti, S., & Widodo, J. D. T. (2024). JURNALISME INVESTIGASI DALAM PERSPEKTIF DRAF UU PENYIARAN DAN IMPLIKASINYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7358–7367.

Wangining, S. P., Nurdiyah, N., Istiqommah, J., & Amalia, D. (2024). ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA BASO AFUNG MELALUI INSTAGRAM. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 303–313.

Yearsiana, T., Pangestu, P. B., & Mujab, S. (2024). MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS OLEH PT DANONE AKIBAT BERITA BOIKOT FATWA MUI. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 93–100.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Wartono, T. ., Tahalele, O. ., Santosa, S. ., Iswanto, J. ., Sukaesih, A. ., & Munandar, H. . (2024). STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS DALAM MENGELOLA ISU SENSITIF DALAM BISNIS ATAU ORGANISASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9925–9930. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31440