FENOMENA KEDWIBAHASAAN PADA MASYARAKAT TUTUR PERBATASAN BATAK SIMALUNGUN - BATAK TOBA KAJIAN SOSIOLINGUISTIK DI KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Agriva Randika Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Febrina Angelica Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Safinatul Hasanah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Sepriyani Malau Universitas Negeri Medan
  • Trivani Laura Manullang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30595

Keywords:

Kedwibahasaan, Batak Simalungun, Batak Toba, Sosiolinguistik, Perbatasan, Vitalitas Bahasa, Konflik Bahasa.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan informan kunci di Kecamatan Dolok Pardamean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor sosiolinguistik memengaruhi munculnya kedwibahasaan di Kecamatan Dolok Pardamean, seperti kontak bahasa, interaksi sosial, kebijakan bahasa, identitas budaya, nilai-nilai sosial, ekonomi, dan politik. Fenomena kedwibahasaan memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Dampak positifnya, masyarakat dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih mudah dengan orang lain dari suku yang berbeda. Sedangkan dampak negatifnya, dikhawatirkan dapat menyebabkan pergeseran bahasa dan hilangnya identitas budaya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika bahasa di wilayah perbatasan dan menawarkan solusi untuk menjaga kelestarian Bahasa Simalungun dan Toba.

References

Anggara, Ryan, Yumna Nafisah, and Chafit Ulya. "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfolofi, Ebi, dan Sintaksis Buku Teks Sosiologi Kelas X SMA." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 3.2 (2020): 299-305.

Amalia, Firda Hikmatul, et al. "Analisis kesalahan berbahasa pada tataran morfologi laman Kompasiana Edisi November 2021." Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 4.2 (2021): 284-291.

Andrio, Muhammad Sutan. "ALIH KODE BAHASA DALAM INTERAKSI MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SIMALUNGUN." Artikulasi: Jurnal Pendidikan 2.2 (2020): 1-11.

NarindraRamadhani, P. "Kajian Sosiolinguistik: Fenomena Diglosia."

Nuraeny, Een, and Kuntoro Kuntoro. "MILANGKALA DESA SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA SUNDA PADA MASYARAKAT DESA PANULISAN DI DAERAH PERBATASAN JAWA BARAT–JAWA TENGAH." Journal of Mandalika Social Science 2.1 (2024).

Purba, Tresia Indah Sari, et al. "Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Di SD Sekolah Dasar Swasta Gereja Kristen Protestan Simalungun:(Kajian sosiolinguistik)." Jurnal Mahasiswa Kreatif 2.1 (2024): 116-124.

Sinaga, Melsi Tiolina, et al. "Karakteristik Campur Kode dan Alih Kode pada Masyarakat Tutur di Pasar Tanah Jawa." JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 2.02 (2022): 112-125.

Saragih, Deviani, and Abdullah Hasibuan. "Analisis Campur Kode Bahasa Simalungun Terhadap Bahasa Indonesia Di Ujung Seribu Desa Mabar (Kajian Sosiolinguistik)." Education Achievement: Journal of Science and Research (2022): 11-17.

Syarfina, T., and Sahril Nfm. "PERGESERAN BAHASA: PADA MASYARAKAT SUMATERA UTARA." MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan 15.2 (2019): 259-268

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Tarigan, A. R. ., Simanjuntak, F. A. ., Harahap, S. H. ., Malau, S. ., & Manullang, T. L. . (2024). FENOMENA KEDWIBAHASAAN PADA MASYARAKAT TUTUR PERBATASAN BATAK SIMALUNGUN - BATAK TOBA KAJIAN SOSIOLINGUISTIK DI KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8915–8921. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30595

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.