PEMBELAJARAN BIPA PADA TEKS EKSPLANASI DALAM KONTEKS BUDAYA MANDAILING

Authors

  • Dina Muliana Universitas Negeri Medan
  • Kartika Patricia S. Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Oktaviani Rahmatin Rambe Universitas Negeri Medan
  • Safinatul Hasanah Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29507

Keywords:

Pembelajaran BIPA, Teks Eksplanasi, Budaya Mandailing

Abstract

Pada penelitian ini membahas membahas mengenai pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing dan mendeskripsikan tanggapan dari pemelajar BIPA yang berasal dari Jepang terkait pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Selama pembelajaran berlangsung pemelajar BIPA sangat antusias, pembelajar BIPA yang berasal dari Jepang tersebut bahkan sangat tertarik ketika peneliti memperlihatkan video mengenai Tor-tor Maronang-onang. Tanggapan yang di berikan oleh pemelajar BIPA terkait pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing yaitu menurutnya Tor – tor Maronang-onang sangat unik, jika diberi kesempatan dia ingin berkunjung kesana (melihat langsung tor-tor Maronang-onang tersebut).

References

Amin, K. F. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6).

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017, November). Revitalisasi peran budaya lokal dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). In Proceedings Education And Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Junaidi, F., Andhira, R., & Mustopa, E. (2017). Implementasi pembelajaran BIPA berbasis budaya sebagai strategi menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Khaerunnisa, K., Muliastuti, L., & Rafli, Z. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BIPA. PROSIDING SAMASTA.

Nasution, K. (2018). Onang-onang in Mandailing culture and its local wisdom: A Pragmatic study. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS), 23(2), 46-53.

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Nurhakimah, N. (2018). Pesan Komunikasi Islam Dalam Syair Seni Tarian Tor-Tor Pada Pernikahan Adat Mandailing Di Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Puspitasari, V., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development, 8(4), 310-310.

Ratnasari, D. (2018, July). Bahasa Indonesia Goes Global: Pengajaran Bipa (Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing) Berlandaskan Teori Behaviorism, Innatism, Dan Interactionism. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Saddhono, K. (2012). Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswaasing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Di Universitas Sebelas Maret.

Sibuea, E. R. (2015). Tradisi Maronang-Onang pada Upacara Perkawinan Adat Angkola: Kajian Tradisi Lisan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Suyitno, I. (2017). Aspek budaya dalam pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa). Fkip E-Proceeding, 55-70.

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dalam upaya internasionalisasi universitas di Indonesia pada era globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 156-163.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Muliana, D. ., Sembiring, K. P. S. ., Rambe, O. R. ., & Harahap, S. H. . (2024). PEMBELAJARAN BIPA PADA TEKS EKSPLANASI DALAM KONTEKS BUDAYA MANDAILING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7240–7245. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29507