ANALISIS KESULITAN PEMELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN BIPA DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING

Authors

  • Ayu Patmawati Universitas Negeri Medan
  • Adinda Larasati Universitas Negeri Medan
  • Fadillah Hasanah Universitas Negeri Medan
  • Nicholay Hartawan Gultom Universitas Negeri Medan
  • Safinatul Hasanah Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29640

Keywords:

Kesulitan, Pengajar, Pemelajar BIPA, Daring.

Abstract

Dalam pembelajaran secara daring pada pemelajar BIPA tentu akan mengalami kendala  salah satunya tidak semua siswa memperhatikan  pengajar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pengajar bipa pada pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemelajar BIPA level 2. Data penelitian ini diambil dari hasil literatur dan pengalaman pengajar BIPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala jaringan yang menyebabkan tampilan layar salindia tidak terlihat jelas, pemelajar yang tidak fokus dan terkadang abai, serta kesulitan dalam pelafalan huruf tertentu akibat kendala jaringan yang menghambat praktik pelafalan yang benar. Simpulannya adalah Kesulitan dalam melafalkan kata-kata kompleks dan memahami materi imbuhan juga menjadi kendala, ditambah dengan masalah dalam membaca teks dan menjawab pertanyaan akibat koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan strategi khusus seperti penyederhanaan materi, penggunaan metode interaktif, dan peningkatan dukungan teknis untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif.

References

Endraswara, S. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Kusmiatun, A. (2018). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2011). Distance Education: A Systems View of Online Learning. Belmont: Wadsworth.

Nasution, Jamaluddin. “Analisis Kesulitan Bahasa Indonesia Bagi Pemelajar Di Samsifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa.” MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan 17.2 (2019): 111-120.

Permendikbud. (2017). Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017 (Vol. 7, Issue 9, pp. 27–44).

Salahuddin, Salahuddin. “Analisis kesalahan pengucapan kosakata bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA tingkat dasar di INCULS UGM Yogyakarta." Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) 4.1 (2022): 82-98.

Singh, H., & Thurman, A. (2019). How Online Learning is Remaking the World of Education. Education and Information Technologies, 24(3), 1293-1323.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Suyitno, Imam. (2008). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).Diksi, 15 (1), pp:111-119.

Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Widianto, E. (2021). Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia oleh Pemealjaar BIPA Level Dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam. Semarang: JBIPA.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Patmawati, A. ., Larasati, A. ., Hasanah, F. . ., Gultom, N. H. ., & Harahap, S. H. . (2024). ANALISIS KESULITAN PEMELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN BIPA DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7446–7450. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29640